TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2019 mendatang, PCNU bersama ratusan Santri Kabupaten Way Kanan menggelar Perkemahan di Lapangan Kampung Bumi Baru, Kecamatan Blambangan Umpu. Minggu (20/10/2019).

Perkemahan tersebut telah resmi di buka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Way Kanan H. M.Isa .S.Ag.M.Pd.i yang didampingi Ketua PCNU Way Kanan KH. Nurhuda dan akan berlangsung hingga tanggal 22 Oktober mendatang pada puncak peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Way Kanan tahun 2019.

Dalam sambutannya, H.M Isa mengucapkan selamat datang dan selamat berkemah kepada seluruh Santri yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Saya ucapkan selamat datang dan selamat berkemah kepada adik adik Santri sekalian. Selain itu saya juga menyampaikan selamat atas di sah kan nya Undang Undang Santri. bangga lah menjadi Santri,” ucapnya.

Sementara itu, ketua PCNU Way Kanan KH. Nurhuda S.Pd.I selaku penggagas kemah santri tersebut menambahkan bahwasanya peran santri dalam memperjuangkan kemerdekaan sangat besar.

“Dan santri pun harus bisa ikut mengisi kemerdekaan ini di segala bidang dengan hal-hal yang positif. Dan alhamdulilllah status Santri saat ini sudah setara dengan pelajar pormal,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kampung Bumi Baru, Candra Kurniawan selaku tuan rumah dan Panitia pada kegiatan tersebut menyebutkan bahwa peserta kemah yang telah hadir hari ini sebanyak 430 Santri dari perwakilan Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Way Kanan di tambah Banom Banom NU yang ada.

“Sudah ada 42 tenda, dengan jumlah peserta 430 Santri. Informasi yang kami terima InsyaAllah besok malam peserta kita nambah lagi dengan target 1000 peserta,” sebutnya.

Diketahui bahwa, Hari Santri Nasional ditetapkan pada 22 Oktober melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. (Migo).