SERAHKAN kWh DAN SEMBAKO: (Foto atas) Ketua PD IWO Kabupaten Tanggamus Odo Kuswantoro (kemeja coklat) didampingi Anggota IWO dan perwakilan PLN ULP Talangpadang menyerahkan satu unit kWh listrik pada warga Pekon Binjaiwangi. (Foto bawah) Korban kebakaran di Pekon Kalibening saat dijenguk Ketua dan Anggota PD IWO Tanggamus.

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Kabupaten Tanggamus kembali adakan bakti sosial. Giat peduli pada sesama yang membutuhkan itu, berlangsung di dua kecamatan pada Kamis (29/10/2020).

Baksos di lokasi pertama, dilaksanakan pemberian bantuan berupa sembako pada satu keluarga korban musibah kebakaran. Yaitu di Pekon Kalibening, Kecamatan Talangpadang. Lokasi kedua yaitu di Kecamatan Pugung. Tepatnya di Pekon Binjaiwangi. Di sana, PD IWO Tanggamus menyerahkan bantuan satu unit kWh listrik dari PT Perusahaan Listrik Negara Persero Unit Layanan Pelanggan (ULP) Talangpadang.

Ketua PD IWO Kabupaten Tanggamus Odo Kuswantoro, S.Kom. menjelaskan, dua kegiatan dalam satu hari itu, dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Besar Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M serta memaknai Hari Sumpah Pemuda.

Kegiatan baksos itu, kata Odo — sapaan akrabnya — dimulai dari perjalanan PD IWO Tanggamus menuju Pekon Kalibening. Di sana, rombongan langsung menuju kediaman Yusuf. Dia merupakan kepala keluarga korban kebakaran rumah.

“Akibat kebakaran itu, Pak Yusuf dan putra bungsunya mengalami luka bakar pada bagian tubuh. Kemudian sekitar 50 persen rumah berbahan geribik milik keluarga itu hangus terbakar. Itulah mengapa keluarga itu yang kami tuju untuk kami berikan sembako. Semoga dapat sedikit meringankan beban mereka,” ujar Odo Kuswantoro.

Saat menerima bantuan paket sembako dari PD IWO Kabupaten Tanggamus, Yusuf selaku penerima didampingi Kepala Pekon Kalibening, Mahmud. Sebagai kakon sekaligus mewakili Yusuf, Mahmud menyampaikan rasa terima kasih atas kedatangan dan kepedulian para jurnalis yang tergabung dalam PD IWO Tanggamus.

“Sungguh, ini kali pertama warga saya menerima bantuan dari organisasi profesi kewartawanan, dalam hal ini IWO Tanggamus. Semoga kawan-kawan IWO selalu kompak dan tetap profesional dalam menyajikan pemberitaan serta selalu bersinergi dengan masyarakat. Terutama terkait keluhan dan kepedulian terhadap masyarakat Tanggamus,” tutur Kakon Kalibening.

Ketua PD IWO Kabupaten Tanggamus Odo Kuswantoro mengungkapkan, kegiatan bakti sosial semacam ini merupakan salah satu program rutin IWO. Terlebih saat ini, bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan masih dalam nuansa peringatan Sumpah Pemuda.

“Ini merupakan konkretisasi kepedulian kawan-kawan di IWO Tanggamus terhadap masyarakat Tanggamus. Khususnya bagi mereka yang memang butuh bantuan dan kepedulian dari kita,” ungkap salah satu petinggi Media Online Berita Kharisma itu.

Untuk sembako yang diserahkan bagi Yusuf, warga Pekon Kalibening, Odo menjelaskan, diperoleh dari solidaritas Pengurus dan para Anggota PD IWO Tanggamus. Sedangkan penyerahan bantuan satu unit kWh listrik di Pekon Binjaiwangi, Kecamatan Pugung, merupakan hasil kerjasama antara PD IWO Tanggamus dengan PT PLN Persero ULP Talangpadang.

“Kalau bicara soal jumlah bantuan, memang kami yakin tidak seberapa. Namun IWO Tanggamus mengedepankan kebersamaan. Dan semaksimal mungkin memberikan bantuan tersebut kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan (tepat sasaran). Sehingga bantuan sekecil apapun, bisa bermanfaat dan menjadikan berkah bagi kita semua,” tandas Odo Kuswantoro. (ayp)