Menurut data Bank Indonesia, pandemi mampu melahirkan ribuan usaha penjualan online. Data yang mereka miliki menunjukkan transaksi e-commerce naik sebesar 26 persen selama pandemi Virus Corona. Tidak hanya itu, peningkatan transaksi harian juga terjadi hingga 4,8 juta, serta penambahan konsumen baru sampai 51 persen. Ini artinya, bisnis online semakin moncer.

Membangun bisnis online sejatinya tak membutuhkan perangkat yang mahal. Dengan smartphone, kita bisa tetap produktif dan meningkatkan bisnis kita, asal tahu bagaimana memaksimalkan perangkat mobile yang kita punya. Salah satunya dengan Samsung Galaxy A21s.

Ada tiga hal di dalam Galaxy A21s yang bisa membantu para pelaku usaha kecil meningkatkan bisnisnya secara berkelanjutan. Yang paling penting adalah kamera, termasuk juga RAM dan memori internal yang cukup lega. Kamera yang bagus bisa membuat konten produk yang cukup menarik, tak hanya foto tapi juga video.

Pentingnya kamera

Samsung Galaxy A21s memiliki satu kamera depan dan empat kamera belakang. Kamera depannya beresolusi cukup tinggi di 13MP f/2.2. Kamera depan bisa kamu andalkan untuk memfoto selfie kamu bersama produk yang ingin kamu jual. Dengan memposting foto selfie kamu dan produk jualanmu, lalu posting di Instagram, seluruh dunia akan tahu jika kamu adalah pemilik produk yang keren tersebut. Apalagi, jika kamu bisa mengambil video 15 detik dengan kamera depan A21s tersebut, kamu bisa sekalian promosi di akun TikTok pribadimu.

Sedangkan untuk foto produk yang lebih artistik, kamu bisa andalkan empat kamera yang berada di bagian belakang bodi Galaxy A21s. Ada kamera utama. Ada juga sensor kamera makro, kamera depth sensor, sampai ultra-wide camera.

Kamera utamanya memiliki resolusi sampai 48MP f/2.0. Dengan resolusi sebesar itu, foto produk jualan kamu bisa dijepret dengan hasil yang lebih jelas dan tajam. Semua detail produk akan terlihat dengan jelas sehingga para pembeli tidak akan merasa membeli ‘kucing dalam karung’ karena hasil fotonya akan sesuai dengan aslinya.

Sedangkan untuk mengambil foto produk dengan hasil yang detail sampai ke bagian paling kecil sekalipun, kamu bisa andalkan kamera makro dengan resolusi 2MP. Resolusi sebesar itu merupakan standard yang ada di semua kamera makro pada smartphone, bahkan yang harganya mahal sekalipun. Dengan kamera makro, logo di produk jualan kamu pun bisa lebih terlihat dengan jelas.

Nah, untuk membuat produk kamu lebih menonjol dibanding barang-barang di sekitarnya, coba deh pakai kamera depth sensor dengan resolusi 2MP F/2.4. Dengan sensor ini, foto produk akan lebih fokus. Ditambah ada beberapa filter yang bisa kamu gunakan untuk memberikan kesan bokeh yang dramatis.

Kalau kamu mau sesekali posting untuk memperlihatkan kamu telah dibanjiri orderan, dengan cara memfoto ratusan produk yang sudah dikemas, atau ribuan resi pengiriman order yang sudah kamu layani, pakai saja lensa ultra-wide yang ada di Samsung Galaxy A21s. Lensa ultra-wide ini beresolusi 8MP F/2.2. Lensa ini akan menjepret produk jualan kamu dengan sudut yang lebih luas. Secara tidak langsung, lensa ini akan menunjukkan ambience di sekitar produk jualan kamu sehingga hasilnya lebih artistik dan luas.

Pentingnya Memori besar

Sebuah perangkat dengan kamera yang mumpuni untuk jualan online, haruslah didampingi juga dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Kalau tidak, mau disimpan dimana hasil jepretan produk keren yang sudah kamu hasilkan?

RAM besar akan sangat berguna untuk menjalankan aplikasi-aplikasi penunjang bsinis online yang kamu butuhkan. Dengan RAM besar, menjalankan aplikasi secara bersamaan akan berjalan dengan lancar dan orderan akan lebih cepat direspons. Sedangkan memori internal yang besar bisa memberikan kita keleluasaan untuk menyimpan konten promosi produk jualan kita.

Samsung Galaxy A21s memiliki kapasitas RAM sampai 6GB. Kamu bisa langsung memiliki new Galaxy A21s dengan memori 128GB yang dapat ditambah hingga 512GB, punya fitur premium Quad Camera, baterai 5.000 mAh dan prosesor Exynos 850 yang cerdas menghemat daya dengan harga Rp3 jutaan.(*)