TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Dalam rangka penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat Provinsi Lampung tahun 2019, Tiyuh (Desa) Kibang Mulya Jaya Kecamatan Lambu Kibang, terpilih sebagai Tiyuh dan Kecamatan yang mewakili Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Kegiatan penilaian tersebut diselenggarakan di Balai Tiyuh Kibang Mulya Jaya, pada (19/11/2019) Pukul 09.00 Wib. Yang dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Agus Subagio, Ketua TP PKK Tubaba Kornelia Umar beserta jajarannya, Wakil Ketua 4 Provinsi Lampung Dewi Ruskandi, Tim Penilai lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat Provinsi Lampung tahun 2019, Kepala OPD, Danramil, Kapolsek, Camat, Kepala Tiyuh, Pimpinan Puskesmas, Pimpinan Klinik KB, serta tamu undangan.

“Saya ucapkan selamat datang di Kabupaten Tulang Bawang Barat kepada Tim Penilai Lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat Provinsi Lampung, semoga Bapak dan Ibu dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan dapat memberikan pembinaan yang bermanfaat bagi masyarakat, serta kader-kader di bumi Ragem Sai Mangi Wawai.” Kata Bupati Tubaba Umar Ahmad, yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Agus Subagio.

Lanjutnya, Kegiatan lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan ini bertujuan meningkatkan dan memantapkan hasil kegiatan pembangunan bidang kesehatan, pemberdayaan perempuan dan keluarga berencana.

“Saya mengajak saudara-saudara dan ibu-ibu PKK untuk mengambil makna dari mengikuti lomba ini, dengan gerakan yang tumbuh dari bawah dan dimotori oleh bidang KB-Kesehatan dan PKK secara terpadu dengan OPD terkait lainnya. Peranan keluarga dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, perlu memperoleh pembinaan dan peningkatan di bidang kesejahteraan dan ketahanan keluarga secara baik dan optimal yang meliputi fungsi keagamaan, pendidikan, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi, ekonomi dan kelestarian lingkungan. Fungsi-fungsi tersebut menjadi motivasi bagi kita untuk lebih berusaha.” Terangnya.

Sementara itu, dikatakan Ketua TP PKK Kabupaten Tubaba Kornelia Umar, bahwa ia sangat berterima kasih kepada masyarakat khususnya warga Tiyuh Kibang Mulya Jaya yang telah membantu mempersiapkan untuk perlombaan Kesrak tingkat Provinsi Lampung tahun 2019.

Lanjut Kornelia, beberapa program pembinaan telah berjalan dengan baik di Tiyuh Kibang Mulya Jaya, di antaranya kegiatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga yang meliputi pembinaan pada kelompok Dasawisma dan pembinaan pada PKK RW dan RT. Kegiatan-kegiatan yang sedang berjalan adalah pelayanan IVA, peningkatan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi kelompok Dasawisma dan kader yang meliputi pencatatan, Penyuluhan tentang HATI-nya PKK, dan Penyuluhan Simulasi di Pos Curhat, penyuluhan Pergerakan tentang Gizi, Bina Kualitas Balita, penyuluhan makanan sehat keluarga, posyandu, Penyuluhan kebersihan lingkungan, Kesehatan Bayi dan Balita, serta kerja bakti dan gotong royong.

“Untuk itulah melalui kesempatan ini, saya pun berharap kepada Tim Penilai dari Pemprov Lampung, selain melakukan penilaian, sudilah agar kiranya memberikan pembinaan lebih lanjut kepada kami demi peningkatan kinerja pelaksanaan program Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan di Tubaba, mudah-mudahan dengan kegiatan hari ini bisa menjadi wahana yang sangat strategis untuk lebih memacu keberhasilan program Kesrak di Kabupaten Tubaba.” Imbuhnya. (ADV)