TNI AU. Bertempat di Lapangan Apel Lanud Pangeran M. Bun Yamin, Komandan Lanud Pangeran M. Bun Yamin Letkol Pnb Ronal memimpin Apel Khusus pengukuhan tiga orang Bintara Pembina Angkasa (Babinsa) Lanud Pangeran M. Bun Yamin, diantaranya Peltu F.X. Jarot Widodo, Peltu Ahmad Maulana, dan Sertu Supriyo. (Senin, 15-06-2020).

Untuk diketahui, sesuai kebijakan pimpinan TNI AU yang tertuang dalam perkasau nomor 22 Tahun 2019 tentang pembentukan Bintara Pembina Angkasa (Babinsa) di seluruh Lanud, dengan tugas sebagai mediator antara Lanud dengan desa-desa di sekitar Pangkalan, juga desa-desa dimana terdapat spot olahraga kedirgantaraan dengan harapan dapat mengembangkan atau meningkatkan potensi kedirgantaraan di wilayahnya masing-masing.

Setelah pelaksanaan Apel Khusus pengukuhan Babinsa, Letkol Pnb Ronal menekankan kepada 3 punggawa Babinsa Lanud BNY yang baru saja dikukuhkan, untuk segera beradaptasi dan timbulkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar dan mampu berkomunikasi dan bersinergi dengan baik ke masyarakat, ke sesama aparat pemerintah setempat, maupun dengan Babinsa (Bintara Pembina Desa – TNI AD), dan Babinkamtibmas (Polri) untuk dapat terjalin kolaborasi yang baik dalam menciptakan keamanan ditengah-tengah masyarakat, sehingga semua permasalahan di wilayahnya dapat diselesaikan dengan baik dan suasana di lapangan bisa selalu kondusif.

“Tugas utama yang harus dilaksanakan oleh para Babinsa sekalian adalah untuk dapat lebih memperkenalkan keberadaan dan menjaga nama baik Lanud BNY kepada masyarakat sekitar, sehingga peran TNI AU pada umumnya maupun secara khusus peran dan keberadaan Lanud BNY dapat dikenal oleh masyarakat” tegas Danlanud BNY.