TRANSLAMPUNG.COM,BANDARLAMPUNG- Masyarakat yang tinggal di RT 08 dan RT 02 Lingkungan 1 Kelurahan Seumberejo Sejatera Kecamatan Kemiling mengharapkan kepada Pemerintah kota Bandar Lampung, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR) Kota untuk melakukan normalisasi sungai di wilayah mereka.

Hal ini di berdasarkan harapan masyarakat yang di sampaikan kepada pihak kelurahan Semberejo Sejatera,agar pihak kelurahan mengajukan kepada pemerintah kota melalui Dinas PU PR,supaya bisa melakukan normalisasi keberadan sungai di wilayah ini,lataran sering terjadinya banjir dan air meluap, masuk di pemukiman warga takala hujan lebat melanda.

“Ya,saya langsung turun kelokasi untuk melihat keluhan masyarakat,dan memang perlu adanya normalisasi Sungai yang harus dilakukan, agar bisa mencegah terjadinya banjir selama ini terjadi,”kata Irham selaku lurah Kelurahan Suberejo Sejatera kecamatan kemiling saat di temui di ruanganya belum lama ini.

Menurut Irham bahwa keberadaan aliran sungai terutama di Jalan Agris RT 8 dan RT 02 Lingkungan 1 kelurahan Suberejo Sejatera ini harus di adakan normalisasi Sungai, lataran saat ini banyak sedimen yang menumpuk,menyebapkan banjir dan air meluap kepemukiman warga,dan jika tidak segera di tangani masalah ini di khawatirkan natinya menimbulkan korban jiwa.

“Waktu hujan beberapa minggu lalu,air meluap dan masuk kepemukiman warga,karna air yang melewati aliran sungai tidak bisa mengalir lataran terlalu dangkal sehingga masuk di pemukiman warga ,”jelasnya.

Selain di lakukan normalisasi sungai kata Irham, masyarakat juga mengharapkan agar keberadaan jembatan di wilayah ini juga perlunya di tinggikan,karna jika tidak ditinggikan air meluap melewati jembatan di wilayah ini.

“Jembatan antara penghubung RT 08 dan RT 02 lingkungan 1 ini terlalu rendah hanya sekitar 2 meter dari bawah sungai, jadi masyarakat juga mengharapkan agar jembatan itu juga menjadi atensi bagi masyarakat di Lingkungan 1″ucapnya.

Dengan adanya harapan masyarakat di Lingkungan 1 ini dirinya telah menyusun  program yang telah di bahas dalam agenda musrenbang tingkat kelurahan (Murenbangkel ) yang menjadi pembahasan program -program proritas yang di ajukan di musrenbang tingkat kecamatan (musrenbangkec).

“Ajuan program prioritas di 2021 kelurahan ini salah satunya harapan masyarakat di RT 08 ran RT 02 lingkungan 1 yang ingin danya normalisasi sungai dan perombakan jembatan yang ada di wilayah ini ,”jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa di tahun 2019 telah di ajukan pengaspalan jalan di wilayah ini dan Alhamdulillah sudah di lakukan,namun keberadan jembatan di wilayah ini belum tersentuh oleh pihak Pemerintah kota.

“Mudah -mudahan di ajuan program tahun 2021 ini kita mengharapkan adanya normalisasi sungai dan rehap jembatan dan mudah -mudahan di pembahansan dalam musrenbang tingkat kota bisa menjadi program prioritas,”harapnya.

“Dan dirinya juga berharap kepada ketua Lingkungan 1 agar ekstra aktip membantu program-program kelurahan demi terlaksananya pembangunan di kelurahan Suberejo Sejatera ini agar bisa maksimal,”pungkasnya ,(ydn).