TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Pemerintah kabupaten Way Kanan dalam setiap tahunnya telah menganggarkan dan memberikan beasiswa kepada 6 orang murid/siswa, ini suatu bukti bahwa pemerintahan Bupati Raden Adipati Surya dan Wakil Bupati Edward Anthony sangat memperhatikan dunia pendidikan. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Way Kanan Usman Karim, saat memberikan sambutan dalam pembukaan lomba KOSN, KSN, FLS2N dan Pentas PAI dihalaman SDN 1 Umpu Bhakti, Selasa (03/03/2020)

Menurut Kadis, sejak tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Way Kanan telah menggelontorkan anggaran beasiswa bagi 6 siswa berprestasi, baik dibidang pendidikan formal maupun dibidang ekstrakurikuler.

“Beasiswa tetsebut diberikan kepada 3 siswa Sekolah Dasar dan 3 diswa Sekolah Menengah Pertama, dengan tujuan untuk memberikan dorongan dan daya pacu siswa lainnya, agar mampu maju dan berdaya saing”, terangnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) kecamatan Blambangan Umpu, Ilham Fadli dalam kesempatan yang sama menjelaskan bahwa KOSN (kompetisi olahraga siswa nasional), seperti Sepakbola mini, bulutangkis, tletik,  renang,  silat,  karate dan senam lantai.
KSN (kompetisi  siswa nasional) yang terdiri dari IPA dan matematika.
FLS2N (festival lomba dan seni siswa nasional) yang tetdiri dari solo song,  seni tari, kriya anyam,  gambar bercerita dan pantomim, dan
Pentas PAI (Pendidikan agama Islam), yang memperlombakan MTQ, MHQ, lCC dan pidato.

Kegiatan ini dulunya dikenal dengan sebutan O2SN, kini berubah nama. Dan secara kebetulan SDN 1 Umpu Bhakti pada khususnya dan kampung Umpu Bhakti pada umumnya, menjadi tuan rumah. Pemenang lomba ini nantinya akan mengikutu lomba ke jenjang berukutnya”, papar Ilham. (Yudi)