TRANSLAMPUNG.COM (PANARAGAN)–Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), akan menerima sebanyak 8 Tenaga Nusantara Sehat dari Pemerintah Pusat untuk kemudian ditempatkan di beberapa wilayah se-Kabupaten.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinas Kesehatan Tubaba Majril, S.Kep saat dijumpai translampung.com diruang kerjanya pada (16/10/2019) sekitar pukul 09.47 Wib. 

“Tenaga Nusantara Sehat itu merupakan Tenaga Teknis Kesehatan yang direkrut dari Kementerian Kesehatan, untuk kemudian disalurkan di beberapa daerah seluruh Indonesia, dan sistem gajinya pun langsung dari Pusat.” Kata Majril.

Menurutnya,  untuk di Provinsi Lampung hanya ada dua kabupaten yang mendapat bantuan itu, yakni Kabupaten Tubaba dan Tulang Bawang (Tuba)  adapun tahap pertama kemarin kita telah mendapat 5 Tenaga Teknis Kesehatan.

“Untuk penempatan 5 Tenaga Teknis Kesehatan itu  mereka sendiri yang memilih, dan telah terbagi di beberapa tempat, yakni di Puskesmas Dayamurni 2 orang, Puskesmas Panaragan Jaya 2 orang, dan Puskesmas Sukajaya Gunung Agung 1 orang.” Jelasnya.

Lanjut dia, pagi ini Dinkes Tubaba telah mendapat kabar dari Pemerintah Pusat, bahwa pada tahap kedua nanti sekitar di awal bulan November 2019 ini, kabupaten Tubaba akan menerima sebanyak 8 Tenaga Teknis Kesehatan kembali, saat ini mereka sedang pembekalan.

“Adapun yang menjadi dasarnya kabupaten Tubaba mendapat Tenaga Kesehatan tersebut, yaitu berdasarkan data kebutuhan tenaga kesehatan yang ada di Tubaba, jadi kita mengusulkan sesuai kebutuhan tersebut.” Imbuhnya (Dirman).