PANARAGAN (translampung.com)– Upaya menciptakan para Khatib berkualitas, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, melalui Sekretariat Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), menggelar Pembinaan dan Peningkatan Kualitas Khatib Masjid se-Kabupaten Tubaba.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Sesat Agung Komplek Islamic Center Tubaba, Rabu (07/4/2021) pukul 08.00 Wib. Yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Fauzi Hasan, Ketua DPRD Ponco Nugroho, para Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian, IK-DMI Pusat dan Provinsi, Ulama, dan 104 Peserta dari perwakilan masing-masing Masjid se-Kabupaten setempat.

Adapun Narasumber atau Pemateri dalam kegiatan tersebut, yakni, KH. Hamdan Rasyid (Ketua MPP IK-DMI Pusat), H. Ahmad Dimyathi,LC.MA (Ketua MPW IK-DMI Lampung), Drs. KH. Muhyidin Pardi (Ketua MUI Tubaba), AKBP.Hadi Saeful Rahman (Kapolres Tubaba), dan Drs. H. Muhammad Isa, MM (Kepala Kemenag Tubaba).

Dalam penyampaiannya, Wakil Bupati Fauzi Hasan sangat mengapresiasi adanya kegiatan tersebut, dan meminta agar kegiatan serupa dapat diadakan secara berkelanjutan di Kabupaten Tubaba, seperti Pelatihan dan Pembinaan Imam dan Bilal.

“Mengingat minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berani menjadi Khatib di Masjid-masjid dan memiliki kompetensi, kegiatan ini merupakan salah satu solusi dalam menciptakan para Khatib dengan memiliki kualitas dan mewujudkan Khatib Masjid yang Proporsional Demi Khairu Ummah.” Ujarnya.

Sementara itu, dikatakan Kepala Bagian Kesra sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan, Nurkholis Majid, saat dikonfirmasi translampung.com dilokasi mengatakan. Bahwa nantinya para Khatib ini akan dilakukan penilaian oleh Narasumber yang telah diundang dan diberikan arahan dengan melihat baik dari segi kesiapan nya, mentalitas, kontekstual, intonasi, waktu, efesiensi pesan yang disampaikan, dan beberapa poin lainnya, untuk mendapatkan kader Khatib yang benar-benar menguasai peran.

“Para Peserta Pembinaan dan Peningkatan Kualitas Khatib ini dituntut membuat teks materi secara mandiri yang akan dinilai oleh Narasumber dengan tema yang telah ditentukan, diantaranya tentang Vaksin Covid 19 bagi umat Islam, menyongsong Bulan Suci Ramadhan, dan lain-lain.” Ungkapnya.

Setelah melalui penilaian, lanjut dia, akan ada Peserta terbaik Juara 1, 2, dan 3 yang akan kita berikan Reward berupa Piagam dan Biaya Pembinaan, serta akan menjadi salah satu Khatib di Masjid Baitus Shobur Komplek Islamic Center dan pada hari-hari besar lainnya di Pemkab. Untuk yang belum juara, akan terus dibina kedepannya dan menjadi Kader Khatib pada Masjid masing-masing wilayah.

“Ditengah situasi yang dapat dikatakan krisis moral dan ditambahnya kemajuan teknologi yang pesat pada zaman ini, tentunya menjadi perhatian bagi umat untuk dapat membedakan mana benar dan salah, dan utamanya tidak terpengaruh pada aliran Radikalisme. Untuk itu, peran Khatib pula dinilai cukup berpengaruh kepada umat, sehingga diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan sisi positif pada perbaikan moral keimanan khususnya umat Islam.” Imbuhnya. (D/R)