PRINGSEWU – Pemerintah Kabupaten Pringsewu siap menjalin kerjasama dengan Tokopedia. Hal tersebut dalam rangka menggali potensi yang dimiliki sekaligus untuk memberdayakan perekonomian masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA saat audiensi virtual dengan manajemen Tokopedia dI Aula Utama Pemkab Pringsewu, Rabu (23/12/20).

Menurut Fauzi, Pringsewu yang memiliki luas wilayah 625 km2 berpenduduk sekitar 450 ribu jiwa, dengan komposisi 65% masyarakat Jawa, 15% Sumatera, dan sisanya dari berbagai daerah lainnya di Indonesia. PAD Pringsewu saat ini berjumlah Rp 118 milyar.

“Bahwa ada hal menarik di Pringsewu, terutama di masa pandemi saat ini, yakni bergeliatnya perekonomian masyarakat, dimana meskipun skalanya lokal, namun mengingat posisinya yang strategis di tengah-tengah kabupaten lainnya, sehingga warga daerah sekitarnya banyak melakukan kegiatan ekonomi di Pringsewu,”Ungkap Fauzi.

Wabup Pringsewu didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs.Masykur Hasan, MM beserta beberapa kepala OPD terkait berharap MOU kerjasama antara Pemkab Pringsewu dengan Tokopedia bisa segera dilakukan.

Sementara itu, Emmiryzan dari Tokopedia mengatakan pihaknya siap mendukung dan bekerja sama dengan Pemkab Pringsewu dalam memberdayakan perekonomian masyarakat, serta mempromosikan potensi-potensi yang dimiliki Pringsewu.

Beberapa bidang kerjasama yang bisa dilakukan, diantaranya adalah program Toko Bersama. Melalui program ini, Pemkab Pringsewu dapat memiliki toko di Tokopedia, guna mengakomodir potensi-potensi masyarakat serta UMKM dan lain-lain di Pringsewu, misalnya perikanan, pertanian dan sebagainya.

“Konsep ini sudah diterapkan di beberapa daerah, dan sudah banyak yang berhasil. Sehingga siap memfasilitasi Toko Bersama milik Pemkab Pringsewu, dan ini sifatnya gratis,”Ujarnya.(reza)