TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR
-Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibat) raih penghargaan terbaik ketiga dalam Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 pada Sektor Pasar Tradisional kategori daerah tertinggal se-Indonesia.

Penghargaan tersebut disampaikan pada acara penganugerahan Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 oleh Kementerian Dalam Negeri yang disiarkan melalui Video Conference dan Live Streaming yang terpusat di Gedung Sasana Bhakti Praja Lt 3, Jl. Medan Merdeka Utara No 7 Jakarta Pusat, Senin (22/6).

Penganugerahan penghargaan itu sendiri dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, yangalam arahannya, beliau menjelaskan bahwa seluruh dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19, dan hampir seluruh dunia mengalami dampak Covid-19, sehingga semua negara membuat kebijakan yang belum pernah dibuat sebelumnya.

Selain itu Wakil Presiden juga menyampaikan bahwa beberapa Negara menerapkan kebijakan ekstrem seperti lockdown. Yang mana dalam hal ini, Indonesia menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Inilah yang sering disebut dengan bekerja, belajar, dan beribadah dirumah. Sebagai bagian transisi sebelum ditemukannya vaksin Covid-19, saat ini pemerintah dengan sangat serius mengkaji tatanan New Normal. Upaya ini untuk mempersiapkan masyarakat menuju tatanan baru bagi masyarakat yang Produktif dan Aman Covid-19 serta mampu mendorong pergerakan ekonomi.

Dalam kesempatan itu, Ma’ruf Amin sangat mengapresiasi inisiatif Kementerian Dalam Negeri dan semua daerah untuk memperkuat tatanan daerah dengan mempersiapkan tatanan normal baru yang sudah tentu diperlukan inovasi yang menjadi kunci daerah untuk memasuki era produktif dan aman Covid-19.

Dari tujuh sektor yang dilombakan pada ajang inovasi tersebut, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mengikuti tiga sektor yaitu Sektor Pasar Tradisional, tempat Pariwisata, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dan dari tiga sektor yang diikuti, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat meraih penghargaan terbaik ketiga pada ajang Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 pada Sektor Pasar Tradisional Kategori Daerah Tertinggal se-Indonesia.