TRANSLAMPUNG.COM,PALAS – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mendistribusikan 1.848 paket sembilan bahan pokok (sembako) di Kecamatan Palas, Rabu (1/7/2020).

Kepala Dinas Sosial Lamsel, Dulkahar berharap, bantuan yang diberikan itu bisa bermanfaat dan sedikit membantu meringankan beban masyarakat ditengah pandemi wabah virus korona.

“Saya minta agar masyarakat yang mendapatkan bantuan dapat memanfaatkan dan mempergunakan bantuan ini sebaik mungkin. Mengingat masih ada saudara kita yang belum menerima bantuan,” ujar Darmawan menyampaikan sambutan Bupati Lampung Selatan.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan terus menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Dengan demikian diharapkan mampu memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Terutama di Kabupaten Lampung Selatan.

Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, serta menjaga kekompakan dan kerja sama yang baik, antara pemerintah dan masyarakat, dirinya meyakini Kabupaten Lampung Selatan mampu keluar dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19.

“Tak henti-hentinya saya sosialisasikan kepada masyarakat. Agar tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kita jaga kekompakan, kerja sama serta gotong royong. Saya yakin Lampung Selatan bisa melewati ini semua,” ujarnya.

Sementara, Camat Palas Rikawati mengatakan, bahwa bantuan sembako tersebut akan didistribusikan kepada masyarakat terdampak COVID-19 yang belum pernah mendapatkan bantuan, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun melalui dana desa.

“Nanti akan kami berikan kepada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan. Seperti Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan program pemerintah lainnya,” terangnya.

Jadi, ditambahkan Rika, semua kepala desa jangan sampai memberikan data tumpang tindih untuk penerimaan bantuanya

“Jika ada data ganda segera diperbaiki secepatnya karena ini ada pertanggung ada pertanggunjawaban kepada Tim Pemkab Lamsel,” tegasnya.

Masih ditempat yang sama, Rosidi mewakili Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Lamsel, Yansen mulia mengatakan paket Sembako tersebut berisikan 5 Kilogram beras, 2 Kilogram gula pasir dan 1 Liter minyak makan itu, diserahkan secara simbolis oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lampung Selatan kepada Camat Palas.

“Dimana paket sembako yang bersumber dari dana APBD 2020 itu diperuntukkan bagi masyarakat terdampak COVID-19 yang belum pernah tersentuh bantuan apapun,” kata dia.

Rinciannya, ditambahkan dia untuk Palas terdapat 21 Desa Desa Tanjung Sari menerima 100, Bangunan 100, Sukaraja 100 Suka Mulya 100, Sukabhakti 100 Palas pasemah 18,Palas jaya 98 Pulau tengah 36.

“Kemudian, Desa Bandan hurip 100
Palas aji 100 Rejo Mulyo, 100
Baliagung 100, Bumidaya 100
Bumi restu 100, Tanjung Jaya 100
Bumiasih 100, Mekarmulya 100, Pematang Baru 58, Kalirejo 100
Bumi asri 39,dan terakhir Pulau Jaya 99 paket sembako,” pungkasnya.(Johan)