TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Wakil Bupati Way Kanan DR. Drs. H. Edward Antony, M.M,. Menghadiri dan membuka secara langsung kegiatan pelatihan guru menulis yang di selenggarakan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Kecamatan Blambangan Umpu, Kasui dan Rebang Tangkas.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2019 dan HUT PGRI ke 74 serta diikuti sebanyak 250 guru yang berlangsung di SD N 01 Sidoarjo Kecamatan Blambangan Umpu, Jum’at (06/12/2019).

Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada PGRI Cabang Kecamatan Blambangan Umpu, Kasui dan Rebang Tangkas, yang telah menyelanggarakan Pelatihan Guru Menulis pada hari ini.

“Mudah-mudahan dari kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi guru-guru dalam melaksanakan pengabdian dan karirnya dibidang pendidikan di Kabupaten Way Kanan,” ucapnya.

Lanjutnya, Sebagai tenaga pendidik yang profesional, selain memiliki kepribadian yang baik dan jiwa sosial, guru juga harus memiliki kompetensi pedagogi dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Dengan kualifikasi tersebut tentu akan berdampak terhadap kualitas pembelajaran.

“Namun masih banyak juga guru yang belum mampu meningkatkan kualitas pembelajarannya dengan kecenderungan penggunaan metode mengajar yang monoton, juga hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) 2017 yang masih rendah dari target yang ditetapkan,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya kemampuan guru menulis karya ilmiah juga masih rendah sehingga guru sulit untuk memenuhi kenaikan pangkat tepat waktu yang terkendala karena tidak terpenuhinya nilai dari unsur publikasi ilmiah dan karya inovasi (PIKI).

“Fenomena ini semestinya menjadi kajian guru selaku pendidik profesional dengan menghimpunnya dalam karya tulis ilmiah yang terpublikasi. Di samping itu, publikasi ilmiah merupakan salah satu wadah untuk mengkomunikasikan karyanya dan kemampuan mendidik kepada khalayak umum dan khususnya komunitas guru,” ungkapnya.

Dengan demikian, semestinya seorang guru tidak hanya sebatas memiliki kemampuan berkomunikasi saja, karena kemampuan berkomunikasi, membaca dan menulis tidak dapat dipisahkan, menulis merupakan suatu ciri dari orang terpelajar dan memiliki kemampuan yang baik.

“Oleh karena itulah Pelatihan Guru Menulis pada hari ini mudah-mudahan dapat memberikan penjelasan mengenai karya tulis ilmiah yang dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang jenis-jenis karya tulis ilmiah/publikasi ilmiah,” pungkasnya. (rls/mg).