PANARAGAN (translampung.com)– Anggaran terkena Refocusing, pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, batal.

Demikian itu disampaikan Kepala Dinas Perikanan Tubaba, Abdul Sani, saat dikonfirmasi translampung.com diruang kerjanya, Kamis (16/9/2021) pukul 11.00 Wib.

Dikatakannya, pembangunan TPI yang merupakan bantuan dari Provinsi terhadap Kabupaten Tubaba, yang direncanakan akan dibangun di Tiyuh (Desa) Gunung Katun Tanjungan pada tahun 2021 ini, terpaksa harus dibatalkan terlebih dahulu karena Refocusing anggaran.

“Persyaratan pembangunan TPI itu sudah lengkap, termasuk sertifikat tanah atas nama Pemda pun telah kita buat, tetapi ternyata justru anggaran Provinsi terkena Refocusing, sehingga terpaksa pembangunan harus tertunda terlebih dahulu.” Ujarnya.

Saat ditanya tentang program Revitalisasi Bawang (Embung Alam) dan Balai Benih Ikan (BBI) yang mulai digerakkan tahun ini dan direncanakan realisasi 2022, dirinya juga menjelaskan bahwa program tersebut belum dapat berjalan, karena tidak ada anggaran pendukung.

“Kita sudah mengusulkan di APBD dan APBN, tetapi dari pagu anggaran yang telah tersusun baik tahun ini dan anggaran Murni tahun depan belum ada gambaran untuk melaksanakan program itu, tetapi kita akan tetap berupaya agar nanti Revitalisasi tersebut bisa tetap dilaksanakan jika sewaktu-waktu sudah ada dana baik dari APBD ataupun APBN.” Imbuhnya. (D/r)