PANARAGAN (translampung.com)– Tidak adanya lagi pelayanan secara tatap muka kecuali pembuatan KTP khususnya pada masa Pandemi Covid 19, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, mengajak masyarakat untuk mengunduh Aplikasi e-Smile Tubaba.

Hal itu disampaikan Kepala Disdukcapil Tubaba, Ahmad Hariyanto, saat dikonfirmasi translampung.com diruang kerjanya, Senin (18/1/2021) pukul 09.30 Wib.

Dikatakan Hariyanto, dengan adanya Aplikasi itu, maka masyarakat dapat mengurus keperluan seperti pembuatan KK, Akta Kelahiran, dan sebagainya tanpa harus datang ke Kantor Capil.

“Semua persyaratan akan ada petunjuk di Aplikasi e-Smile Tubaba, dan jika dokumen atau berkas yang dibutuhkan masyarakat tersebut telah dibuat, maka akan ada pemberitahuan dan masyarakat tinggal mengambil di loket kantor Capil, sehingga tidak perlu mengantri. Namun, khusus pembuatan KTP tetap masyarakat harus datang dengan jadwal yang telah diberikan pada Aplikasi itu untuk melakukan perekaman terlebih dahulu, dan akan segera diproses.” Ungkapnya.

Program tersebut, lanjut dia, sebenarnya sudah berjalan awal 2020 yang lalu, sebagai pendukung dan percepatan pelayanan. Namun, karena semenjak adanya wabah Covid 19 dan tidak ada lagi pelayanan tatap muka kecuali pembuatan KTP, maka Disdukcapil Tubaba mencoba untuk memaksimalkan layanan melalui Aplikasi tersebut.

“Sementara untuk layanan Online Via WhatsApp atau E-mail sebenarnya juga ada, ke nomor petugas di kantor atau bisa pula melalui Tiyuh (Desa). Untuk itu, kami mengajak masyarakat agar dapat mengunduh Aplikasi tersebut di Playstore Gadget masing-masing guna mendukung layanan yang lebih mudah dan praktis, serta mencegah penyebaran Covid 19.” Imbuhnya. (D/R)