Pelantikan BPT Kabupaten Tubaba Dilaksanakan Dua Hari

TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Badan Permusyawaratan Tiyuh (BPT) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, Periode 2019-2025, resmi dilantik secara serentak selama dua hari, terhitung sejak tanggal 30/12/2019 sampai dengan 31/12/2019 di wilayah kecamatannya masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Somat, selaku Sekretaris Panitia BPT Kabupaten, saat dijumpai langsung translampung.com di salah satu lokasi pelantikan kecamatan Tumijajar, tepatnya di balai Tiyuh (Desa) Daya Asri pada (30/12/2019) pukul 10.00 Wib.

“Pelantikan ini kita pusatkan di salah satu Balai Tiyuh kecamatan setempat, dan yang melantiknya adalah Bupati melalui Camatnya. Dan kegiatan ini berlangsung selama dua hari,” kata Somat.

Paling lama 3 hari pasca pelantikan, lanjut Somat, maka BPT harus rapat mempersiapkan dan membentuk kepengurusan anggota BPT yang dipimpin oleh yang paling tua, untuk membentuk struktur kepengurusan yang terdiri dari Ketua, Wakil, Sekretaris, dan Kepala Bidang yang terdiri dari Bidang Pemerintahan dan Bidang Pembangunan. Setelah itu terbentuk, baru dibuat SK nya dan pak Camat Lah yang memberi persetujuan, baru di laporkan ke Bupati melalui bagian Tata Pemerintahan. Selain itu, rapat tersebut juga untuk membahas tata tertib BPT.

Sementara itu, dikatakan Camat Tumijajar Rasyid, Bahwa pelantikan hari ini di wilayahnya untuk 4 Tiyuh, yakni Tiyuh Daya Asri, Murni Jaya, Daya Sakti, dan Gunung Timbul. Sedangkan 5 Tiyuh lainnya akan dilaksanakan besok di Gunung Menanti.

“Saya berharap kepada BPT yang sudah dilantik ini, bisa melaksanakan tugas dan fungsi nya, diantaranya Membahas rancangan peraturan Tiyuh, Kemudian menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat daerahnya, serta melakukan pengawasan kinerja kepala Tiyuh,” imbuhnya. (D/R)