PANARAGAN (translampung.com)– Bupati Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, akan melakukan evaluasi dan perombakan kepada Pejabat khususnya Eselon II yang kerjanya kurang optimal pada tahun 2020 ini.

Hal itu disampaikan Bupati Umar Ahmad SP, saat dikonfirmasi translampung.com di gedung DPRD setempat pasca rapat Paripurna, Selasa (10/11/2020) pukul 12.43 Wib.

“Tahun ini semuanya akan kita evaluasi termasuk kompetensinya, dan semua memiliki kesempatan yang sama dalam jabatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk Eselon III bisa saja naik jabatan tergantung Kinerjanya, dan dikarenakan banyak pula yang sudah pensiun bahkan sudah Pecah Ban (kurang maksimal,red),” sindirnya.

Oleh karenanya, lanjut dia, saat ini Eselon II juga sedang kita lakukan uji kompetensi, yang mana saat ini sudah mencapai rangkaian tes wawancara dan uji makalah yang diselenggarakan oleh BKD Tubaba.

Sementara disinggung mengenai Pejabat apakah harus ditekankan putra daerah, Umar Ahmad menanggapi bahwasanya semua ASN memiliki kesempatan yang sama dalam birokrasi Pemerintah.

Terpisah, DPRD Tubaba, salah satunya Ketua Komisi III Paisol S.H., mendukung penuh langkah Bupati untuk melakukan perombakan terhadap para Pejabat di lingkup Pemkab setempat.

“Kami mendukung penuh pelaksanaan uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Pemkab dengan tujuan melakukan Evaluasi Jabatan, dan kami berharap pelaksanaan uji kompetensi saat ini dapat berjalan dengan baik dan benar. Kedepannya kami juga berharap para Pejabat selaku pemimpin di satuan kerjanya adalah orang yang benar-benar layak dan Kompeten, bertanggung jawab, serta serius dalam pembangunan daerah,” imbuhnya. (D/R)