PANARAGAN (translampung.com)– Polres Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, bersama unsur terkait melakukan Rapid Test terhadap para pengendara dalam rangka Operasi Lilin Krakatau 2020.

Hal itu disampaikan Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) IPTU.Suarjono Suryaningrat, mewakili Kapolres AKBP.Hadi Saeful Rahman, saat dikonfirmasi translampung.com, Sabtu (26/12/2020) pukul 14.00 Wib.

Dikatakan Kasat Lantas, sejak dimulai Operasi Lilin pada tanggal 21 Desember 2020 hingga saat ini, pihaknya melakukan Rapid Test yang dipusatkan di Pos Pengamanan (Pos Pam) Rest Area Kilometer 215 Kecamatan Way Kenanga.

“Total sampai saat ini sudah ada 250 Pengendara yang kita lakukan Rapid Test di Rest Area tersebut, baik kendaraan besar maupun kecil, guna memastikan kesehatan mereka yang melakukan perjalanan dari luar daerah ke Tubaba atau perjalanan Pulau Sumatera ke Pulau Jawa untuk memudahkan atau membantu pengecekan di pelabuhan Bakauheni sehingga tidak terlalu menumpuk.” Ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga memberikan Masker untuk para Pengendara yang lupa atau ketinggalan membawa Masker. Begitu pula di Pos Pam lainnya yakni di Islamic Center Tubaba untuk pengunjung Wisata, hanya saja tidak ada Rapid Test di Pos Pam Islamic.

“Disamping melakukan Rapid Test dan pembagian Masker, kita juga melakukan Patroli di Gereja-gereja dan tempat Wisata, Patroli antisipasi gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), dan memberikan himbauan untuk tetap tertib Lalu Lintas.” Imbuhnya.

Diketahui, Operasi Lilin Krakatau 2020 dilaksanakan sejak 21 Desember 2020 – 4 Januari 2021 untuk mengamankan libur Natal dan Tahun Baru 2021. Upaya ini juga dilakukan guna mencegah kerumunan massa dan pengawasan penerapan Protokol Kesehatan, sehingga penularan Covid 19 dapat dihindari. (D/R)