Translampung.com (Bandar Lampung) – Musyawarah Daerah Persatuan Sarjana Kehutanan Indonesia (Musda Persaki) Daerah Lampung menetapkan kembali MD Wicaksono sebagai Ketua DPD Persaki Lampung masa bakti 2020-2023, yang digelar Sabtu, 19 Desember 2020 di Gedung Pusat Informasi Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman, Bandar Lampung.

Dalam Musda yang dibuka oleh Kepala DInas Kehutanan Provinsi Lampung Y. Ruchyansyah, dihadiri oleh anggota Persaki Lampung dan Penasihat DPD Persaki Lampung. Y.Ruchyansyah mengharapkan Persaki terus memberikan masukan pemikiran terkait pengelolaan sumber daya hutan baik lingkup daerah dan nasional, khususnya saat ini terdapat tiga Rencana Peraturan Pemerintah terkait bidang kehutanan dan lingkungan turunan dari Undang-Undang Cipta Kerja yang sedang dibahas. Sumbangan pemikiran dan karya telah dirasakan saat ini, untuk dapat ditingkatkan pada masa bakti berikutnya.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persaki yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Agung Nugraha menyampaikan apresiasi tinggi kepada DPD Persaki Lampung yang dinilai sangat aktif dan mewarnai aktivitas Persaki di Indonesia. Semoga keaktifan ini menjadi contoh Persaki di daerah lainnya, dan berharap kepemimpinan yang kembali dipimpin oleh MD Wicaksono bisa diteruskan berbagai inisiatif dan kolaborasi dengan berbagai lembaga. Persaki sebagai organisasi profesi yang mewadahi sarjana kehutanan harus mampu memberikan warna dalam pengelolaan sumber daya hutan di Lampung dan Indonesia.
Lamris SItompul, selaku Ketua Forum Kolaborasi Rimbawan Indonesia (FKRI) 2020-2021 dalam pembicara utama dalam Musda Persaki, saat ini prioritas pembangunan nasional terkait dengan pembangunan SDM unggul, maka mendorong sarjana kehutanan yang tergabung dalam Persaki untuk menjadi Insinyur Profesional. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran. Profesi insinyur menandakan yang bersangkutan memiliki keahlian yang diakui oleh pemerintah, dengan gelar yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi. Wisuda pertama dilaksanakan oleh Institut Pertanian Bogor yang telah mewisuda 376 Insinyur Profesional Teknik Kehutanan pada 25 Juli 2020 lalu dalam tiga tingkatan Insinyur Profesional Utama (IPU), Insinyur Profesional Madya (IPM) dan Insinyur Profesional Pertama (IPP).
Musda selain berhasil menetapkan Ketua Persaki Lampung juga menetapkan Pokok-Pokok Rencana Kerja yang meliputi Kajian Kebijakan dan Iptek, Komunikasi dan Kerjasama, Pengembangan SDM dan Kewirausahaan, serta Pengabdian. Formatur kepengurusan DPD Persaki Lampung terdiri dari Eny Puspasari, Idi Bantara, Bainah Sari Dewi, dan Sastra Wijaya bersama Ketua terpilih memiliki waktu dua bulan dalam menyusun kepengurusan DPD Persaki 2020-2023.
Dalam sambutan awal di akhir Musda Persaki, Ketua DPD Persaki Lampung mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan mohon dukungan kepada semua pihak agar kepengurusan DPD Persaki Lampung dapat berjalan dengan baik dan memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah dan nasional, khususnya bidang kehutanan dan lingkungan. Di akhir sambutan disampaikan pantun Makan petisan buahnya mangga, Minumnya madu manis rasanya, Mari bergandeng tangan tuk kerja bersama, Membawa Persaki Lampung Berjaya”