TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Sebagai upaya dalam mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, menghentikan sementara pelayanan pembuatan KTP baru.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disdukcapil Hariyanto didampingi Sekretarisnya Darwani, saat dikonfirmasi translampung.com diruangan kerjanya, pada Senin (20/4/2020) pukul 10.30 Wib.

Dikatakan Darwani, bahwa pada hari jumat tanggal 17 April 2020 yang lalu kita sudah mulai menghentikan pelayanan pembuatan KTP baru, yang mana kita telah melakukan rapat melalui Video Zoom Meetings bersama Dirjen untuk membahas pelayanan sementara selama Covid 19 ini.

“Untuk pelayanan bagi masyarakat yang ingin membuat KTP baru, sementara kita hentikan, karena itu kan memakai proses rekaman seperti pengambilan gambar dan sidik jari, sehingga akan terjadi kontak langsung antara petugas dan masyarakat,” terangnya.

Adapun untuk pembuatan KK dan KTP bagi yang sudah rekaman sebelumnya, akan tetap kita lakukan, tetapi pelayanannya melalui Via Online E-mail atau lewat Whatsapp, sehingga apa saja yang dibutuhkan nanti diarahkan petugas. Dan jika sudah selesai maka akan diberitahu petugas untuk mengambil di loket kantor Capil.

“Untuk pelayanan onlinenya sudah kita pasang pemberitahuan di pintu masuk kantor Capil. Sehingga diharapkan kepada masyarakat bisa mengerti, dan tentunya kita berharap agar wabah ini segera berakhir,” imbuhnya. (D/R)