TRANSLAMPUNG. COM, PESIBAR
-MKKS SMA se-kabupaten pesisir barat (Pesibar) bersama dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) lampung melakukan deklarasi EcO-Office, dengan tema “Mengurangi Sampah Pelastik”. Kegiatan berlangsung di halaman SMAN1 pesisir tengah. Rabu, (16/10).

Kepala Didsikbud Lampung, Sulpakar melalui Kabid SMA se-provinsi lampung, Diona Katharina mengatakan, deklarasi ini menindaklanjuti surat edaran (SE) gubernur lampung No: 660.1/2092.a/V.10/2019 tentang pengurangan sampah plastik

“Pencanangan mengurangi sampah plastik ini sebagai salah satu program Pemprov Lampung. Maka dari itu Disdikbud Lampung mendeklarasikan penggunaan botol minum atau thumbler yang dapat diisi ulang, ”Ucapnya.

Ia juga menambahkan, banyaknya sampah plastik di sekitar kehidupan manusia tentunya menjadi masalah bersama yang dapat mengganggu lingkungan hidup. Terlebih, sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa terurai.

“Dengan adanya surat edaran gubernur, kami Disdik provinsi Lampung bergerak cepat untuk mendeklarasikannya, dan hari ini kami tiba di SMA 1 pesisir tengah yang berada di kabupaten Pesibar, “Tandasnya.

Sementara itu, Ketua MKKS SMAN1 Pesisir Tengah, Putrawan Jayaningrat mengungkapkan telah mencanangkan pengurangan sampah plastik dengan cara penggunaan thumbler atau kemasan isi ulang.

Hal tersebut akan dimulai dari peserta didiknya dan kemudian untuk bisa mengimpelemntasikan ke masyarakat sekitar, minimal bisa mengurangi sampah disekolah masing-masing.

“Adapun tujuan dengan adanya kegiatan ini adalah mengurangi sampah dan sesuai dengan perintah gubernur lampung untuk menjadikan masyarakat Lampung yang berjaya, “Tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kabid Disdikbud Pemprov Lampung, Kepala Sekolah se-Kabupaten Pesibar, dewan guru, siswa-siswi SMA N1 Pesiteng dan tamu undangan beserta awak media.