TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, tingkatkan pelayanan dengan membentuk Mitra Layanan Dukcapil.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disdukcapil Ahmad Hariyanto, saat dikonfirmasi translampung.com diruangan kerjanya, pada Senin (16/03/2020) pukul 08.00 Wib.

Dikatakan Hariyanto, bahwa di tahun 2020 ini kita fokus untuk peningkatan pelayanan, yang mana kita sudah membentuk Mitra Layanan sebagai operator kita yang kita tempatkan di Tiyuh (Desa), Puskesmas, Rumah Sakit, Klinik, dan KUA.

“Mitra Layanan tersebut berfungsi sebagai Lapor Nikah, Lapor Mati, dan Lapor Lahir. Sehingga jika di suatu Klinik ada pasien yang meninggal atau lahir, maka Tiyuh melalui operator kita tersebut akan melaporkan, sehingga data kependudukan mereka berupa Kartu Keluarga (KK) akan langsung kita buatkan KK nya yang baru, kita terbitkan melalui laporan tersebut, setelah itu kita buat, baru kemudian kita salurkan melalui Tiyuh kembali, sehingga masyarakat tidak perlu datang ke Disdukcapil,” terangnya.

Selain program tersebut, tahun 2020 ini kita juga membuka layanan bagi siapapun yang ingin mengupgrade KK agar bisa berbarcode, sehingga tidak perlu dilegalisir jika ada keperluan, seperti mendaftar Polisi, TNI, dan lainnya.

“Saya berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya administrasi kependudukan, jika ada perubahan dalam keluarga, baik kematian, kelahiran dan pernikahan, harap segera melaporkan, apalagi sudah ada operator kita di setiap titik-titik yang ditentukan, demi kemajuan kita bersama,” imbuhnya. (D/R)