METRO – Upaya Pemerintah Kota Metro dalam penanganan Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) terus dilakukan. Langkah tersebut dilakukan dengan menyiapkan lokasi pemakaman korban Covid-19.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Metro, A. Nasir menjelaskan, upaya pemerintah menyiapkan lokasi pemakaman tersebut dilakukan jika terjadi penolakan warga terhadap pemakaman korban Covid-19. Meski begitu warga masih bisa memakamkan korban Covid-19 tersebut dipemakaman umum.

“Untuk lokasi pemakaman kita sudah siapkan ada dua tempat. Nanti kita akan lihat dulu lokasinya mana yang pas untuk menjadi tempat pemakaman ini,” jelasnya dikonfirmasi awak media, Rabu (15/4/2020).

Untuk kedua lokasi tersebut, lanjut Nasir, diantaranya berada di Tejosari, Metro Timur dan Sumbersari, Metro Selatan. Lahan tersebut berukuran sekitar 1 hektar. “Nanti akan disurvei dulu lokasinya mana yang pas untuk dijadikan tempat pemakaman. Tapi yang jelas jauh dari lingkungan warga,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk petugas pemakanan tim telah membentuk 20 orang. Diantaranya petugas penggali dari Dinas Pemukiman 5 orang, 5 anggota TNI, 5 anggota Polri, dan 5 orang pegawai BPBD.

“Rencananya sore ini petugas akan dilatih dengan simulasi pemakaman korban Covid-19. Namun untuk pemandian korban meninggal dilakukan dari rumah sakit,” tukasnya. (ria)