TRANSLAMPUNG.COM (PANARAGAN)– Dinas Peternakan Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, mencatat adanya peningkatan produksi ternak Ayam di tahun 2020.

Hal itu disampaikan Nazaruddin Kepala Dinas Peternakan setempat, saat diwawancarai translampung.com diruang kerjanya, Selasa (13/10/2020) pukul 10.00 Wib.

“Berdasarkan catatan hasil monitoring kita di lapangan, untuk wilayah Kabupaten Tubaba tahun 2020 ini, dalam 1 periode (2 bulan) total hasil panen ternak Ayam potong mencapai sekitar 400 Ribu ekor yang artinya dalam setahun jika dikalikan 4 kali panen saja sudah 1,6 Juta ekor, dibandingkan tahun sebelumnya hanya berkisar total 1 Juta ekor setahun,” terangnya.

Sementara untuk Ayam kampung, lanjut dia, tahun ini sudah tercatat sekitar 1 Juta ekor yang panen, dan dibanding tahun sebelumnya hanya berkisar 900 Ribu ekor, begitu pula dengan Ayam petelur yang hasilnya lebih baik.

“Peningkatan tersebut dikarenakan bertambahnya para pelaku usaha ternak Ayam, dan harga Pasar juga sudah stabil semenjak New Normal Covid 19,” ungkapnya.

Selain itu, jelas dia, pihaknya juga selalu melakukan pembinaan agar Ayam ternak dapat terhindar dari segala wabah penyakit yang merugikan.

“Kita berharap bertambahnya produksi ternak Ayam ini, dapat semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan harga Pasar bisa terus stabil,” imbuhnya. (D/R)