MESUJI — Moment perayaan Hari Pers Nasional tahun 2020 di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 9 Ferbruari 2020 kemarin, rupanya tidak hanya milik wartawan saja. Di Kabupaten Mesuji, pada moment tersebut, wartawan mendapat kado istimewa berupa Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis dari Kapolres Mesuji AKBP. Alim.SH.S.IK.

Kasat Lantas Polres Mesuji AKP. Hadly Nasution.SE mendampingi Kapolres Mesuji AKBP Alim.SH.S.IK., melalui Bagian Urusan (Baur) SIM Brigadir Polisi Pranss Olsen Tambunan mengatakan, bahwa pihaknya menindaklanjuti program Kapolres Mesuji dalam rangka perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 dengan memberikan kado istimewa berupa pembuatan SIM secara gratis bagi insan pers di Bumi Ragab Begawe Caram.

“Jadi kami menindaklanjuti program Pak Kapolres Mesuji dalam rangka perayaan HPN, kami memberikan pembuatan SIM secara gratis khusus untuk rekan-rekan wartawan pada moment tersebut. Selain itu, juga untuk mendukung program tertib berlalu lintas di wilayah hukum Polres Mesuji,”Kata Pranss, Rabu (26/02).

Lebih lanjut Pranss memaparkan terkait tahapan mekanisme pembuatan SIM, diwajibkan pemohon datang langsung ke
Satuan Pelayanan Administrasi SIM (SATPAS) 2536, Satlantas Polres Mesuji di Desa Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang.

Adapun tahapannya lanjut dia, pemohon mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan surat keterangan sehat dari dokter. Selanjutnya melakukan proses identifikasi setelah itu mengikuti tes teori dan praktik barulah pemohon bisa mendapatkan SIM.

“Untuk proses pencetakan SIM akan kita lakukan secara bertahap, mengingat jumlah rekan-rekan wartawan yang akan membuat SIM cukup banyak. Disamping itu, pemohon juga diwajibkan untuk mengikuti seluruh tahapan sesuai prosedur yang ada barulah bisa mendapatkan SIM sesuai yang diinginkan,”Paparnya.

Sementara Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Mesuji Alzoni menyambut baik apa yang dilakukan Kapolres Mesuji untuk kawan-kawan wartawan khususnya yang tergabung di PWI Mesuji.

“Kami mengucapkan terimakasih atas apresiasi Pak Kapolres untuk kawan-kawan wartawan. Meski moment perayaan HPN sudah berlalu, akan tetapi ini akan memberikan kesan tersendiri untuk kawan-kawan yang tidak akan pernah terlupakan, sekaligus kita ikut mendukung program tertib berlalu lintas,”Kata pria yang akrab disapa Sony itu. (Nara)