Selama Ramadhan ini salah satu aktivitas yang saya lakukan adalah silaturahim ke teman-teman yang sudah pensiun. Sekaligus menyemangati mereka. Semuanya senang saya datangi dan sangat bergairah saat berdiskus. Antusias sekali. Alhamdulillah…

Di awal ketemu, selain menyampaikan rasa syukur yang mendalam karena sama-sama diberi kesehatan, saya menanyakan aktivitas mereka selama pensiun termasuk saat pandemi Covid-19.

Mereka dengan antusias menceritakan aktivitasnya. Selain kumpul sama keluarga, olahraga, silaturahim, juga mengembangkan hobi masing-masing. Meski sudah pensiun tetap produktif.

Saya mengapresiasi teman-teman tersebut karena. Saat pensiun melakukan banyak kegiatan positif yang bermanfaat buat mereka dan orang banyak termasuk keluarganya.

Semua itu membuat mereka selalu sehat. Bahkan ada yang semangat sekali mengisi waktu pensiunnya.

Jangan Ngoyo
Pesan saya ke mereka agar jangan ngoyo. Selain banyak bersyukur, nikmati secara optimal pensiunnya. Perbanyak ibadah.

Rasakan nikmatnya jadi orang bebas merdeka. Atasan satu-satunya hanya TUHAN. Tidak ada yang lain.

Setelah menyimak semua yang mereka sampaikan, saya menceritakan pengalaman sekitar 16 tahun pensiun. Sejak 30 September 2005.

Dalam semua aspek kehidupan jauh lebih baik. Termasuk dari sisi penghasilan. Itu terjadi sepenuhnya karena TUHAN.

Bersyukur dan berbahagialah mereka yang menjalani pensiun. Bisa melakukan apa saja dan tidak ada target-target terkait kinerja.

Mereka sendiri yang mengatur aktivitasnya. Melaksanakan semua yang disukai sekaligus bisa menyalurkan hobi yang menyenangkan tanpa ada yang melarang.

Sehat dan Bahagia
Hal tersebut membuat hati selalu bahagia. Itu sangat positif saat pandemi Covid-19. Imunitas tubuhnya bisa meningkat sehingga tidak mudah terkena Covid-19.

Saya amati sekaligus mensyukurinya, teman-teman pensiunan itu umumnya sehat dan bahagia. Diskusinya lepas tanpa beban.

Mereka bicara apa adanya saat berdiskusi. Menceritakan tentang dirinya dan keluarga. Semuanya saling menguatkan sehingga sama-sama merasa nyaman.

Kehadiran saya membuat mereka makin gembira dan semangat. Apalagi semuanya tahu bahwa selama 16 tahun terakhir saya melakukan banyak kegiatan positif yang bermanfaat untuk banyak orang. Aktivitasnya lumayan padat.

“Kehadiran Pak Aqua makin menguatkan saya. Pensiun bukan berarti berhenti berkreasi dan berinovasi. Justru bisa lebih produktif karena banyak waktu luang untuk melakukan berbagai aktivitas yang positif,” ujar mereka senada dengan penuh semangat. Alhamdulillah…

Dari masjid Jami’ Al Iman Cipinang Elok II Jakarta Timur saya ucapkan selamat berusaha untuk selalu menghibur para pensiunan agar tetap semangat menjalani hidup ini. Salam hormat buat keluarga. 12.45 07052021😃<<<

Dr. Aqua Dwipayana
Penulis, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional