EDUKASI WBP SEKALIGUS BERDAYAKAN LAHAN: Inilah lahan seluas 1,5 ha milik Lapas Kelas IIB Gunungsugih yang dimanfaatkan untuk menanam jagung manis sekaligus sarana mengedukasi para WBP dalam bidang pertanian. (Foto-foto: DOK LAPAS GUNUNGSUGIH)

TRANSLAMPUNG.COM, LAMTENG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Gunungsugih adalah salah satu lapas yang memiliki lahan cukup luas. Termasuk lahan yang berupa kebun. Untuk itu Kepala Lapas Kelas IIB Gunungsugih, Sohibur Rachman, A.Md., I.P., S.Sos., M.H. dan jajarannya, terus “bermanuver” bagaimana memberdayakan lahan luas tersebut, agar bersinergi dengan program pembinaan para warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Salah satu program pembinaan yang saat ini sedang digencarkan oleh Lapas Gunungsugih adalah edukasi bidang pertanian bagi para WBP. Secara spesifik, lapas setempat mengedukasi WBP bercocok-tanam jagung manis dan membudidayakan serai merah penghasil minyak asiri.

“Hari ini kami laksanakan tanam jagung manis di lahan seluas 1,5 ha. Bukan hanya WBP, para pegawai saya pun saya libatkan. Pada 7 Oktober lalu, kami sudah panen perdana (jagung manis). Sekarang ini penaburan benih untuk kali kedua. Dalam hal ini kami ada jargon: MENANAM UNTUK MEMETIK,” ujar Kalapas Gunungsugih, Sohibur Rachman.

Pemilihan tanaman bernama ilmiah Zea mays itu, kata kalapas, bukan tanpa alasan. Tanaman monokotil (berbiji satu) itu, menurut dia, merupakan tanaman pangan penghasil karbohidrat yang sangat prioritas untuk dikembangkan. Terlebih bagi Lapas Gunungsugih, tanaman jagung memiliki supporting effects bagi peternakan kambing. Yang saat ini juga tengah diternakkan oleh Lapas Gunungsugih.

“Buah jagung yang sudah diambil bijinya, bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak kambing kami,” kata mantan Kepala Lapas Kelas IIB Kotaagung itu.

Pelaksanaan penanaman jagung hari ini, dia melanjutkan, diikuti seluruh Pejabat Struktural, Staf, dan WBP Lapas Kelas IIB Gunungsugih.

“Hal ini dilakukan sebagai langkah edukasi pembinaan bagi WBP di bidang pertanian,” tandas mantan Kepala Rutan Kota Depok itu. (ayp)