TRANSLAMPUNG.COM,PESAWARAN-Untuk mewujudkan harapan Kelompok Tani Hutan (KTH) diKecamatan Way Khilau agar dapat mengelola lahan tanah negara, pihak Pemerintah Kabupaten Pesawaran menyerahkan Surat Keputusan  (SK) Pengakuan dan Perlindungan Kementerian Kehutanan.

Penyerahan SK ini langsung di lakukan oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, kepada tiga KTH yang ada di Kabupaten Pesawaran, masing-masing adalah, KTH Cirompang Jaya, Cirompang Lestari, dan juga KTH Indah Jaya,yang di laksanakan 

di Desa Bayas Jaya, Kecamatan Way Khilau,kabupaten setempat ,Jum’at (25/09/2020).

Menurut Dedi Ramadhona dalam sambutannya,mengatakan bahwa penyerahan SK tersebut sebagai landasan dan juga dasar hukum bagi KTH untuk dapat mengelola lahan tanah negara yang ada di Kabupaten Pesawaran,Karna adanya program ini memang sejak tiga tahun lalu telah di rencanakan untuk membagikan tanah negara seluas 32.000 Ha di dalam empat register yang berada dalam kawasan hutan di Kabupaten Pesawaran.

“Nah, Alhamdulillah sekarang dapat terselesaikan melalui Program Perhutanan Sosial (PPS) yang berada di bawah kewenangan Ibu Menteri LHK RI Siti Nurbaya,” kata Dendi.

Lebih lanjut Dendi Ramadhoan mengungkapkan, bahwa realisasi PPS dilaksanakan secara bertahap dengan melibatkan berbagai stakeholder yang terkait dengan program tersebut. 

“Dalam merealisasikan PPS untuk Kelompok Tani Hutan (KTH) dilaksanakan secara bertahap,dengan Dewan Riset Daerah dan stakeholder lainnya,” jelas dia. 

“Yang pasti dengan adanya SK ini, ada kepastian hukum dan legalitas dalam mengelola tanah negara dalam kawasan hutan register selama 35 tahun sesuai peraturan perundangan dan selanjutnya dapat di perpanjang jika mentaati program perhutanan sosial,”pungkasnya, (ydn).