PANARAGAN (translampung.com)– Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), akan mengadakan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kabupaten setempat, pada Mei 2021 mendatang.

Demikian hal itu disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Kesra Tubaba, Nurkholis Majid, saat dikonfirmasi translampung.com, Kamis (18/2/2021) pukul 12.20 Wib.

“Untuk lomba Musabaqoh Tilawatil Qu’ran (MTQ) Provinsi Lampung, rencananya akan dilaksanakan bulan November 2021 di Kabupaten Pringsewu. Itupun baru informasi sementara dari Provinsi, dan tentang kepastian pelaksanaannya nanti akan diinformasikan lebih lanjut melihat situasi dan kondisi.” Terangnya.

Oleh karenanya, bagian Kesra Tubaba akan segera mengadakan pembinaan dan Seleksi Tilawatil Qur’an tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan di bulan Mei 2021, dengan tujuan untuk memilih para kafilah MTQ yang berkualitas sekaligus pembinaan untuk mewakili Kabupaten Tulangbawang Barat di MTQ tingkat Provinsi Lampung.

“Kita akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Tubaba untuk mempersiapkan STQ tersebut, dan STQ akan di laksanakan di wilayah Kecamatan Tulangbawang Tengah. Namun, untuk kepastian tempatnya menunggu Rapat bersama persiapan tim STQ bersama Kesra dan Kemenag serta para dewan hakim dan Panitia.” Ungkapnya.

Adapun untuk jumlah peserta, akan melihat para kafilah yang akan ikut seleksi dari mulai cabang Tartil Qur’an, Qiroatul Qur’an, Tahfidzul Qur’an, Fahmil Qur’an, Tafsiril Qur’an, Syarhil Qur’an, Khottil Qur’an dan cabang yang lainnya.

“Kita berharap dan upayakan setiap cabang perlombaan ada yang mewakili. Dan kita niatkan kegiatan ini sebagai wahana dakwah dan Syiar Islam untuk membumikan Al-Quran.” Imbuhnya. (D/R)