LAMPUNG UTARA – Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara Matsoleh, mewakili Bupati H Budi Utomo melantik dan pengambilan sumpah jabatan Kepala sekolah dan pengawas dilingkup dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Lampung Utara.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala sekolah dan pengawas dilakukan di GSG Desa Tanjung Baru Kecamatan Bukit Kemuning dan aula universitas Muhammadiyah Kotabumi, Rabu (28/04/2021)

Saat dikonfirmasi awak media usai pelantikan, Matsoleh menjelaskan terkait banyaknya pertanyaan mengapa pelantikan dilaksanakan di Kecamatan Bukit Kemuning.

” Perlu diketahui, dimasa pendemi covid 19 dan untuk menghindari kerumunan prosesi pelantikan di lakukan seraca bertahap yang terbagi atas 4 dapil. Hari ini, Pelantikan untuk dapil 1 dan 4 berjumlah 170 peserta sedangkan kamis (29/4/2021) besok dapil 2 san 3 berjumlah 186 peserta dengan total 356 peserta,” jelas Marsoleh

Lanjut Matsoleh, dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan layanan pendidikan, maka diperlukan adanya penempatan aparatur kedalam sebuah Jabatan Fungsional Tertentu (JFT), yang diantaranya adalah Jabatan Pengawas Sekolah, dan Jabatan Guru yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah. Karena itulah, hari ini kita lakukan pelantikan secara terpisah kepada para Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah TK, SD dan SMP yang dilaksanakan secara bergantian mengingat pelaksanaannya harus memperhatikan dan menerapkan protokol Covid-19.

Kita sadari bahwa peran dan fungsi Pendidik dan Tenaga Kependidikan merupakan sesuatu yang sangat penting. Sebab, maju mundurnya kualitas pendidikan di daerah kita ini tentu sangat ditentukan oleh peran dari Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Karena itulah, di dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah, maka selain menugaskan Guru untuk melaksanakan tugas utama sebagai pendidik juga memberikan tugas tambahan kepada beberapa Guru untuk melaksanakan fungsi manajerial, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator, yaitu sebagai Kepala Sekolah, ungkapnya

Begitupun dengan Pengawas Sekolah, lanjut dia, yang juga memiliki tugas dan fungsi kependidikan, yaitu melaksanakan tugas pengawasan akademik dan managerial pada satuan pendidikan, yang meliputi Penyusunan program pengawasan, pemantauan Nasional pelaksanaan pelaksanaan pembinaan, delapan Pendidikan, penilaian, pembimbingan, dan pelatihan profesional Guru, evaluasi hasil Standar dan pelaksanaan rogra pengawasan,
pelaksanaan tugas pengawasan di daerah khusus.

Karena itu saya berharap, kepada Bapak dan Ibu yang dilantik pada hari ini agar dapat mengoptimalkan perannya sebagai pejuang pendidikan, dengan meningkatkan komitmen dan profesionalisme, agar kualitas pendidikan di Kabupaten Lampung Utara ini dapat semakin lebih baik.

Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah harus memiliki kapabilitas dan integritas dalam menjawab tantangan perubahan zaman. Apalagi dengan adanya pandemi covid-19 ini, maka para Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah juga harus berpikir kreatif mencari sebuah terobosan bagaimana menyelenggarakan pembelajaran yang menyenangkan, efektif, dan bermakna, yang bisa dinikmati para siswa, ujarnya.

” Jabatan ini merupakan sebuah amanah yang harus dijaga dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Oleh karenanya, harus dapat diimbangi dengan prestasi, kejujuran dan keikhlasan dalam bekerja. Tunjukkan bahwa saudara memang layak dan mampu mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya, mampu meningkatkan kinerja yang lebih optimal, dan memiliki loyalitas, serta integritas yang tinggi,” tuturnya

Luruskan niat kita dengan setulus-tulusnya, karena jika niat kita baik InsyaAllah hasilnya pun akan baik pula. Mari kita tingkatkan kinerja kita dalam mendukung dan melaksanakan berbagai program pembangunan, kebersamaan, kita perkuat semangat bahu-membahu melaksanakan percepatan penangan covid-19, sehingga bisa kembali seperti sediakala, ” Tutupnya.(Adv)