Lampung Barat – Kapolres Lampung Barat AKBP. Rachmad Tri Haryadi, S.Ik., harapkan masyarakat bijak menyikapi infomasi Corona terkait isu Orang Dalam Pantauan (ODP).

Wabah Corona Virus Diseasse 2019 (Covid-19) yang tengah melanda sejumlah daerah termasuk Lampung Barat, hingga hari ini ada 109 orang dalam pantauan.

Disitu harus dipahami ODP bukan meraka yang terkena saspek atau terjangkit corona. Tapi masyarakat yang telah berpergian ke luar daerah yang terjangkit virus menular tersebut.

Sehingga akan dilakukan pemantauan salama 14 hari kedepan, hanya saja bedanya ruang lingkup masyarakat yang telah berpergian ke luar daerah dibatasi semantara.

“Jika 14 hari kedepan tidak tanda-tanda maka dinyatakan aman dari virus ini,” jelas Kapolres Lampng Barat Rachmad Tri Haryadi.

Selain itu pihaknya menegaskan, untuk memutus mata rantai Corona virus harus diawali dengan kesadaran diri terdahulu seperti menunda jika akan keluar daerah dan mengikuti anjuran Pemerintah setempat.

Gejala awal sangat sederhana awalnya akan batuk, panas makin tinggi, nyeri badan dan diare. Cara mencegahnya jalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Lakukan Pola hidup sehat seperti menggunakan Desein Pektan (pakai pembersihan lingkungan Antiseptik, sabun cair untuk mencuci tangan) dan pengecekan suhu tubuh dengan batas maksimal 37 celcius,” tutupnya. (Sf)