TRANSLAMPUNG.COM (PANARAGAN)– Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 75, pada tanggal 17 Agustus 2020, seluruh masyarakat diminta untuk menghentikan seluruh aktivitasnya selama 3 menit untuk berdiri tegap saat pengumandangan lagu Indonesia Raya serentak di berbagai lokasi.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Mansyur. Bahwa waktu 3 menit tersebut yakni, sejak pukul 10.17 Wib sampai 10.20 Wib.

“Pemberitahuan itu telah kita sebarkan kepada seluruh unsur Forkopimda, Kepala SKPD, Camat, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Organisasi Masyarakat dan Kepemudaan, serta Swasta, melalui surat edaran Nomor 003.1/ / I.01/TUBABA 2020, yang berdasarkan surat Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia Nomor : B.492/M.Setneg/Set/TU.00.04/07/2020 tanggal 6 Juli 2020 perihal Pedoman Peringatan HUT RI ke 75,” terangnya, pada Rabu (05/8/2020) pukul 11.30 Wib.

Selain itu, lanjut dia, Masyarakat juga diminta untuk membersihkan semua halaman gedung, ruko, maupun rumahnya, serta memasang umbul-umbul, Bendera Merah Putih, dan Patok Mini warna Merah Putih, selama 20 hari berturut-turut sejak tanggal 2 hingga 21 Agustus 2020. Kemudian, pada tanggal 14 Agustus, masyarakat diminta pula mengikuti siaran langsung pidato kenegaraan Presiden RI melalui media massa.

“Dalam HUT RI itu pula, Pemerintah Kabupaten Tubaba, tetap melaksanakan upacara di lapangan Kantor Pemda sesuai Pedoman yang telah ditetapkan, barulah masing-masing Satker kemudian mengikuti upacara detik-detik Proklamasi di Istana Negara RI secara Virtual, di kantor masing-masing,” tuturnya

Adapun upacara yang dilakukan di Pemda Tubaba, jelasnya, dilaksanakan secara sederhana, khidmat, dan mematuhi Protokol Covid 19, yang akan dihadiri Bupati (Inspektur upacara), Wakil Bupati (Petugas upacara), Ketua DPRD (Pembaca Teks Proklamasi), Kepala Kemenag Tubaba (Pembaca Doa), Dandim 0412/LU, Kapolres Tubaba, serta tidak mengundang pejabat dan Masyarakat.

“Adapun Komposisi petugas upacara di lapangan Pemda Tubaba, yakni, Komandan upacara 1 orang, Paskibraka 3 orang, pasukan upacara 20 orang dari TNI/Polri, Korps musik 20 orang, dan Mc 2 orang,” imbuhnya. (D/R)