TRANSLAMPUNG.COM (PANARAGAN)–
Di tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, memprioritaskan lima program utama, mulai dari Pendidikan, Kesehatan, Perekonomian, Pemberdayaan Masyarakat dan Infrastruktur, juga Peningkatan Pelayanan Aparatur.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tubaba Umar Ahmad.Sp, dalam rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tubaba, atas rekomendasi penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2019, di Ruang Rapat Utama Kantor DPRD, pada Kamis (04/6/2020) pukul 10.00 Wib

Menurut Bupati, dengan mengacu agenda pembangunan nasional, tema indikasi pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung, dan berpedoman pada arah pembangunan Kabupaten Tulangbawang Barat tahun 2019, maka tema pembangunan Kabupaten Tubaba tahun 2019 yakni, Pembangunan yang berkualitas untuk Tulangbawang Barat Maju, Sejahtera, dan Berdaya Saing.

“Adapun Prioritas Pembangunan Kabupaten Tubaba Tahun 2019 terbagi dalam 5 Prioritas yakni. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan, Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan, Meningkatkan Mengembangkan Perekonomian Daerah Untuk Memperluas Kesempatan Kerja dan Mengurangi Kemiskinan, Keberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Infrastruktur yang Berkualitas untuk Pengembangan Wilayah, serta Mewujudkan Meningkatkan Kualitas Pelayanan Aparatur.” Kata Bupati dalam sambutannya.

Tata kelola Pemerintahan dan Hasil-hasil pencapaian kinerja program yang dilaksanakan pada tahun 2019, lanjut Bupati, merupakan realisasi dari seluruh aktivitas pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan oleh jajaran Pemerintahan Kabupaten Tubaba bersama DPRD berdasarkan pembangunan selama kurun waktu satu tahun anggaran.

“Kami sampaikan permohonan maaf apabila penyelenggaraan dalam pemerintahan hingga penyampaian Laporan Keterangan pertanggungjawaban tahun anggaran 2019 ini terdapat kekurangan maupun kekeliruan, baik yang mencakup substansi ke pemerintahan maupun redaksional laporan.” Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Tubaba Ponco Nugroho.ST, didampingi Hairul Amin, selaku juru Bicara Komisi mengatakan. Setelah disampaikan pihak Eksekutif kepada Legislatif beberapa waktu lalu, maka dilakukanlah pembahasan, dari hasil pembahasan tersebut diatas, maka Komisi I,II dan III DPRD Tubaba sepakat memberikan rekomendasi sebagai berikut.

  1. Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat harus melakukan evaluasi secara menyeluruh baik terkait Kebijakan Pemerintah Daerah, Kebijakan Umum Pengelolaan Keuangan Daerah, dan Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah guna meningkatkan pencapaian pembangunan di Kabupaten Tubaba.
  2. Perlu peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam tata kelola Administrasi Pemerintahan, karena dengan Sumber Daya Manusia yang berkualitas itulah yang dapat meminimalisir tingkat kesalahan Pemerintah sehingga menimbulkan kesalahpahaman Publik dan pengaruhnya sangat besar terhadap capaian kinerja.
  3. Agar Saudara Bupati dapat mengarahkan Sekretaris Daerah dalam melakukan koreksi laporan LKPJ, baik untuk Tahun Anggaran 2019 ini maupun di Tahun – Tahun mendatang, sehingga data yang disajikan dalam LKPJ dapat dijadikan acuan pembahasan dalam rangka memberikan rekomendasi untuk penyusunan perencanaan tahun berikutnya.
  4. Adapuri hasil pembahasan terkait Penyelenggaraan urusan Pemerintah Daerah secara lengkap kami sampaikan dalam bentuk tabel pada Lampiran 1 dan 2 serta catatan-catatan atau koreksi terhadap buku LKPJ tahun 2019 yang perlu mendapatkan perhatian untuk ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah guna perbaikan kinerja, hal ini tentunya demi terlaksananya setiap program dan kegiatan yang telah direncanakan sesuai dengan harapan dan pagu anggaran yang ada. Disisi lain koreksi dan evaluasi tersebut sebagai implementasi Tri Fungsi DPRD bidang Pengawasan, dalam pelaksanaan urusan Pemerintah Daerah, demi terwujudnya Bumi Ragem Sai Mangi Wawai lebih maju dan berkembang.

“Melalui pertemuan ini juga saya ingin menyampaikan dan menghimbau serta mengajak jajaran Pemerintah kabupaten Tulangbawang Barat, untuk senantiasa menjaga keharmonisan agar hubungan dan kerja sama yang terjalin diantara kita selama ini dapat tetap dipertahankan demi kemajuan di bumi Ragem Sai Mangi Wawai.” Imbuhnya. (ADV)