TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN- Keberadaan lembaga kepengurusan Rumah Perempuan dan Anak (RPA) Cabang Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung priode 2020-2024 yang di nakodai oleh Nurqomala Afriantina S.Pd resmi telah terbentuk.

Hal ini di ungkapkan oleh ketua PRA Cabang Kabupaten Pesawaran Nurqomala Afriantian S.Pd, saat di hubhungi wartawan koran ini, Selasa (22/12/2020).

Menurut Nurqomala Afriantina bahwa terbentuknya kepengurusan RPA Cabang Kabupaten Pesawaran ini berdasarkan hasil rapat kepengurusan Rumah Perempuan dan Anak yang di laksanakan pada tanggal 20 Desember 2020 lalu, dan di keluarkanya 

Surat Keputusan (SK ) yang di tandatangani langsung oleh Ketua Umum RPA, Ai Ramawati.

“Ya,alhamdulillah Lembaga RPA cabang Pesawaran saat ini sudah resmi terbentuk keberadaanya di kabupaten Pesawaran, mudah -mudahan kedepan RPA Cabang  Kabupaten Pesawaran bisa menjalankan tugas dan pungsinya sesuai dengan AD/AR RPA ,”jelas Alumni STKIP PGRI Bandarlampung ini.

Dirinya menyatakan bahwa saat ini (Selasa red) telah dilakukan pelantikan seluruh kepengurusan Cabang RPA se- kabupaten kota di Provinsi Lampung yang dilaksanakan di gedung Pusiban Provinsi Lampung,dengan menerapakan protokol kesehatan lataran pelaksanaan pelantikan ini dilakukan ditengah suasana Pandemi Covid 19.

“Pelantikan pengurusan RPA telah di lakukan dan untuk para peserta yang mengikuti pelantikan ini hanya diwakili tiga orang yakni ketua, Sekertaris dan Bendahara ,”jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menyakatak bahwa usai dilakukan pelatikan ini, kepengurusan RPA Cabang Kabupaten Pesawaran dan RPA kabupaten lainya melaksanakan rapat  kerja (raker ),Namun dari hasil raker  yang akan dilaksanakan ini masih akan di bahas di tingkat kabupaten sesuai dengan arahan dari RPA kepengurusan Wilayah Provinsi Lampung,

“Yang jelas raker yang sudah ada seperti raker bidang program Advokasi, pemberdayaan, pendidikan dan Pelatihan kesehatan, Riset publikasi dan Media,”jelasnya.

Nurqomal Afriantina juga menjelaskan bahwa beberapa rapat  kerja yang akan di laksanakan yakni mencangkup Bidang Advokasi dengan rincian program diataranya memberikan penguatan kapasitas pengurus tentang perlindungan hukum perempuan dan anak.

Sedangkan untuk Bidang progam Pemberdayaan mencangkup tiga poin program yakni bidang ekonomi ,lingkungan dan Perempuan adat.

“Nah untuk bidang ekonomi  dengan sasaran menciptakan ketahanan ekonomi kelurga pendamping, sedangkan bidang lingkungan dengan sasaran mengkempayekan dan memasifkan gerakan Go Green.Untuk bidang Perempuan adat dengan sasaranya menjaga keberlangsungan pengetahuan lokal serta beberap poin lainya ,”kata Nurqomala.

“Untuk raker bidang program pendidikan dan pelatihan kesehatan,Riset data publikasi dan Media tentunya juga dilaksanak, dan dari hasil raker ini akan kita teruskan di kabupaten, kalau ada perbaikan atau perubahan yang sesuai dengan kebutuhan daerah.Nanti disesuaikan ,”pungkasnya,(ydn).