TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Menjelang akan dilakukannya Sensus Penduduk tahun 2020, berdasarkan data terakhir dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, penduduk Tubaba lebih banyak Prianya dibanding Wanita.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disdukcapil Tubaba Ahmad Hariyanto, saat Rapat Koordinasi (Rakor) bersama BPS setempat di ruang rapat Bupati Tubaba, Senin (10/02/2020) pukul 09.00 Wib.

“Berdasarkan data terakhir yang dihimpun di tahun 2019 yang lalu, total penduduk Tubaba 275.093 jiwa. Dan ternyata Penduduknya lebih banyak Pria dengan jumlah 141.352 jiwa, sedangkan yang wanita berjumlah 133.741 jiwa, itu artinya perbandingan jumlah Pria 51 persen dan Wanita 49 persen,” terang Ahmad Hariyanto.

Dengan adanya data tersebut, lanjutnya, tentunya itu akan menjadi basis data awal yang kami berikan kepada BPS, untuk kemudian diperbaharui kembali melalui Sensus Penduduk yang akan dilakukan ini.

Sementara itu, dikatakan Kepala BPS Tubaba Hari Nugroho melalui Kasi Statistik Sosial Giovani, bahwa memang di tahun 2020 ini kita melakukan Kolaborasi Satu Data Kependudukan Menuju Big Data Kependudukan BPS, menggunakan data Disdukcapil setempat.

“Untuk Basis Data awal memang kita bekerjasama dari Dirjen Dukcapil Pusat pula, sebagai data Awal agar kemudian di update, karena hasil Sensus 2020 ini akan menjadi pijakan seluruh Pemerintah baik dari Pusat hingga Daerah dalam menentukan arah pembangunan kedepannya,” imbuhnya. (D/R)