TRANSLAMPUNG.COM,PESAWARAN- Guna memerangi wabah penyebaran Virus Corona Diserse (Covid -19 ) di Kabupaten Pesawaran Khusunya di Desa Cilimus  Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran, pihak apratur Desa Cilimus  melakukan pemortalan akses masuk di Desa Cilimus.

Menurut  Kepala Desa Cilimus A.Yani mengatakan bahwa langkah ini merupakan upaya untuk memutuskan mata rantai penyebaran wabah Covid -19 yang terjadi saat ini khusunya di desa Cilimus Kecamatan Teluk Pandan dengan melakukan pemortalan.

“Kita lakukan upaya ini agar bisa menghalau jika warga luar desa yang hendak memasuki desa.Dan kita lakukan pengengecekan suhu bandan mengunakan alat pendeksi oleh tim Gugus tugas Covid -19 Desa Cilimus ,”kata A.Yani belum lama ini.

A.Yani Juga menjelaskan adanya pemortalan yang di lakukan ini agar tim Tugas Tugas Covid -19 bisa mengawasi warga yang hendak memasuki desa dengan melakukan pemeriksaan dan pendataan serta melakukan pengecekan suhu bandan yang di lakukan oleh Tim Covid -19.

“Setiap warga yang datang kita lakukan pengecekan suhu bandan  gunaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid -19 yang terjadi saat ini ,”ucapnya.

Dironya juga menjelaskan bahwa untuk penanganan dalam memutuskan mata ranatai Covid -19 ini, selain para warga yang hendak memasuki desa yang di lakukan pemeriksaan suhu badan,dirinya juga telah mengintruksiakan kepada warga yang ada di rantau agar tidak mudik gunanya untuk menghindari penyebaran Covid -19 terhadap kelurganya.

“Nah,bagi warga yang di rantau kita telah intruksikan supaya jangan mudik atau pulang kampung ,”ucapnya.

Ditambahkan oleh Sekdes desa Cilimus Topik ,bahwa untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Desa Cilimus ini , aparatur desa terus berupaya melakukan tindakan pencegahan dengan melakukan penyemprotan disenfektan kepada seluruh rumah -rumah dan pasilitas umum yang ada di Desa Cilimus.

“Penyemprotan disenfektan kita lakukan dua kali dalam seminggu,dan selain itu kita juga telah membagikan masker kepada seluruh warga Cilimus,”jelsanya.

Selain melakukan penyemprotan disenfekatan lanjut Topok aparatur desa juga selalau memberikan himbau kepada  masyarakat khusunya masyarakat di Desa Cilimus agar tidak terlalau panik dalam menghadapi pamdemi Virus Corona ini namaun tetap selalau wasapa, dikarna wabah Covid-19 saat ini tidak bisa di anggap main- main latatan saat ini  sudah banyak warga di lampung telah terpapar Virus yang mematikan ini.

“Upaya untuk  menanggulangi penyebaran wabah Covid -19 sudah kita lakukan secara makasimal ,”ucapnya.

Lebih lanjut menurut Topik, selain melakukan upaya pencegahan dengan melakukan penyemprotan dan pembangin sabun serta pembagian masker, pihak desa Cilimus terus memberikan intruksi kepada seluruh masyarakat Desa, agar senantiasa mengikuti intruksi pemerintah, seperti selalu menghindari adanya kerumunan masa, dan selalau menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan cuci tangan dengan sabun di tempat Air mengalir setelah berpergian.

“Yang jelas kalau untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid -19 ini tentunya seluruh masyarakat harus mempunyai kesadaran mengikuti apa yang sudah di inteuksikan pemerintah ,mudah -mudahan dengan cara ini kita bisa  memerangi wabah ini,” pungkasnya,(ydn).