METRO – Rumah Sakit Umum Ahmad Yani (RSUAY) Kota Metro kembali merawat satu pasien dalam pengawasan (PDP) Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19). Pasien tersebut berjenis kelamin perempuan berasal dari Kabupaten Pesawaran. Kini pasien tengah menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUAY Kota Metro, Kamis (9/4/2020).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, A. Nasir mengatakan PDP asal Pesawaran tersebut masuk ke RSUAY sejak Rabu (8/4/2020). Saat ini pasien sedangkan dirawat di ruang isolasi RSUAY.

“Soal riwayat pasien masih ditelusuri. Karena pasien ini rujukan dari Rumah Sakit Daerah Pesawaran. Pasien baru masuk dan dirawat sejak Rabu (8/4/2020). Pasien perempuan berumur 21 tahun,” jelasnya diamini Kepala Dinas Kesehatan drg. Erla Indriyanti dan Direktur RSUTresTrestyawaty D. Widodo, Kamis (9/4/2020).

Menurutnya, kondisi pasien secara umum saat ini baik. Pasien juga tidak sesak dan suhu badannya 36,8 derajat celcius. Selanjutnya untuk tensi darah pasien 130/80.

“Keluhan pasien saat ini masih nyeri tenggorokan, nyeri perut dan batuk. Pasien dirujuk ke RSUAY karena di RSUAM penuh dan terjadi penurunan kondisi pasien saat akan dirujuk,” paparnya.

Sementara itu, ditanya mengenai adanya bayi yang dirawat di Mardiwaluyo dan dirujuk ke RSUDAM Bandarlampung apakah masuk PDP, Nasir mengaku belum ditetapkan. Rujukan dilakukan mengingat belum adanya ruang isolasi bayi di RSUAY.

“Untuk bayi umur 14 hari belum ditetapkan PDP, namun sudah dirujuk ke Bandarlampung. Karena untuk di RSUAY belum ada ruang isolasi untuk bayi,” ungkapnya.

Sementara itu, sampai saat ini jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Kota Metro mencapai 198 diantaranya terdiri dari 1 pulang dari luar negeri dan 197 dari transmiter dalam negeri. Dari jumlah tersebut 114 telah selesai pemantauan, sedangkan 84 lainnya dalam proses pemantauan. (ria)