PANARAGAN (translampung.com)– Terkait keberangkatan dan kuota Haji tahun 2021 atau 1442 Hijriah, Pemerintah Arab Saudi hingga kini masih belum mengeluarkan keputusan resmi.

Demikian hal tersebut disampaikan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU), Efrizon, saat dikonfirmasi translampung.com, pada (30/5/2021) pukul 10.30 Wib.

Dikatakan Efrizon, bahwa dengan belum adanya keputusan atau pengumuman Haji dari Pemerintah Arab Saudi tahun ini, maka Pemerintah Indonesia pun masih menunggu, serta masih melihat situasi kondisi daripada Pandemi Covid 19.

“Kendati demikian, berdasar instruksi dari Pusat, persiapan tetap harus dilakukan kepada para Calon Jamaah Haji (CJH), yakni mulai dari pendataan CJH yang sudah menerima Vaksinasi Covid 19 sampai dengan kelengkapan dokumen Paspor sudah mulai dikumpulkan.” Ungkapnya.

Lanjut dia, untuk Kabupaten Tubaba terdapat 166 CJH yang sudah tercatat dalam pelunasan untuk persiapan keberangkatan serta mengumpulkan dokumen kelengkapan. Adapun dari 166 CJH itu, berdasar data yang ada di Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) sudah 145 CJH yang telah divaksinasi, sisanya tetap berjalan dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat.

“Namun, sekali lagi kami ingatkan, bahwa untuk keberangkatan dan jumlah kuota dari Haji tahun ini masih menunggu Informasi resmi dari Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia, yang terpenting persiapan tetap dilakukan walau apapun keputusannya nanti, dan kita berharap ada titik terang untuk keberangkatan para CJH.” Imbuhnya. (D/R)