TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN -Dalam waktu dekat ini pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Pesawaran akan melaksanakan perekrutan calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka pelaksanaan Pemilihan kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Pesawaran pada September 2020 mendatang.

Hal ini di ungkapkan oleh ketua KPU Pesawaran Yatin Putro Sugino saat di diwawancarai wartawan translampung.com di kantor KPU setempat, jum,at (14/02/2020).

Menurut Yatin Putro Sugino,bahwa dalam rangka pelaksanana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten pesawaran yang akan di selenggarakan pada 23 September 2020 mendatang, pihak KPU Pesawaran akan melakukan perekrutan calon anggota PPS yang akan bertugas di tingkat desa.Namun ,sebelum melaksanakan perekrutan calon anggota PPS pihak KPU terlebih dahulu akan mengumumkan pembukan pendaptaran yang akan dilaksanakan mulai besok (Sabtu red ) tanggal 15 – 17 Februari dengan penempelan pengumuman langsung di masing-masing desa.

“Kalau untuk mendaptar bisa langsung datang ke-Kantor KPU,pada tanggal 18 -24 Februari,dengan membawa persaratan yang sudah di tentukan,”ucapnya.

Dirinya juga menegaskan jika ingin mengikuti pendaptaran calon anggota PPS tentunya harus melengkapi sarat -sarat yang sudah di tentukan. Adapun sarat -sarat yang harus di penuhi yakni, Warga Negara Indonesia, Usia minimal 17 tahun, pendidikan minimal SMA sederajat, tidak terlibat tim sukses calon dan Partai Politik, tidak pernah di pidana ancaman minimal 5 tahun. Dan juga harus melampirkan surat keterangn berbadan sehat dari pihak puskesmas.

“Nah,untuk membuat surat keterangan berbadan sehat ini ,perlu di ketahui oleh calon anggota PPS dalam pembuatan surat keterangan berdadan sehat ini tidak di pungut biyaya alias geratis,karena pihak KPU Pesawaran sudah melaksanakan kerja sama dengan pihak Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pesawaran,”kata Yatin sapaan Ketua KPU Pesawaran ini.

“Dan saya berharap untuk angota PPS yang lolos nati ,agar bisa punya intergritas yang tinggi, selain itu harus memahami betul peta lokasi wilayah desa tempat dia bertugas.Intinya anggota PPS ini harus benar-benar bekerja,”pungkasnya, (ydn).