TRANSLAMPUNG.COM,KALIANDA – Puluhan siswa/siwi pramuka Saka Wira Kartika gabungan dari tiga kecamatan, akan mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) yang akan berlangsung di Lapangan Desa Agom, Kecamatan Kalianda Lampung Selatan.

Instruktur Swk Ramil 421-10 KTB. Serka Decky Sartana mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan generasi muda khususnya Pramuka, agar menjadi pribadi yang lebih matang, disiplin dan berwawasan kebangsaan, serta kekompakan.

“Untuk peserta dari Kecamatan Katibung, Merbau Mataram dan Waysulan sebanyak 26 orang siswa. Kemudian panitia berjumlah 16 orang. langsung dilepas oleh Instruktur Swk Ramil 421-10 KTB,” kata Decky, Kamis (23/1/2020).

Lebih lanjut dikatakan Decky, kegiatan tersebut, untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hak dan kewajiban bela negara, serta meningkatkan kepedulian terhadap sesama dan lingkungan alam.

“Setelah usai mengikuti kegiatan tersebut, para peserta mampu menjunjung nilai nilai luhur bangsa guna menjaga keutuhan NKRI. Serta wajib memahami dan mengamalkan Dasa Dharma, yakni 10 sikap yang harus dimiliki anggota Pramuka,” ujarnya.

Selama Diklat berlangsung, ditambahkan dia peserta menerima pembekalan berbagai materi.

“Diantaranya survival, mountainering, navigasi darat, pioneering, serta penanggulangan bencana alam dan pelatihan baris-berbaris,” pungkasnya.(Johan)