TRANSLAMPUNG.COM,RAJABASA-Babinsa Kopka Mukmin anggota koramil 421-04/Kalianda, melakukan pendampingan pembuatan parit dikawasan Hunian tetap(Huntap), yang berlokasi di Desa Rajabasa, Senin (23/11/2020).

Pembangunan parit sebagai saluaran air dipemukiman hunian tetap (huntap), di Desa Rajabasa Kecamatan Rajabasa Lamsel, yang diperuntukkan bagi masyarakat yang hilang tempat tinggalnya akibat musibah tsunami yang disebabkan dari anak gunung krakatau (GAK) yang terjadi diakhir tahun 2018 lalu.

Kopka Mukmin, saat berada dilokasi mengatakan, proses pembangunan huntap yang berjalan sudah sekitar 2 bulan lebih ini. Yang mana sudah menunjukkan hasil pencapaian sekitar 80% tinggal beberapa alokasi yang perlu dilakukan pembangunannya kembali. Salah satunya pembangunan parit saluran air disekitar lokasi huntap.

“Pembangunan parit saluran air ini, merupakan sebuah syarat pokok pada setiap hunian. Karenanya, tanpa adanya saluran air akan berdampak buruk bagi warga yang menempatinya,” ujarnya.

Selain dapat menimbulkan berbagai gejala penyakit, lebih lanjut dikatakan dia juga akan fatal bila datangnya musim hujan dengan itensitas yang cukup tinggi yang tidak bisa mengalir keluar sehingga terjadinya penggenangan ditempat – tempat kerendahan.

“Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu pembangunan huntap ini sudah menunjukkan pencapaian hasil yang sangat memuaskan. Tinggal beberapa sarana pendukung lainnya yang masih perlu di bangun seperti yang sekarang ini yang sedang dilakukan pembuatan parit saluran air,” pungkasnya.(Johan)