METRO – Pemerintah Kota Metro memastikan balita pasien dalam pengawasan (PDP) Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) kondisinya mulai membaik. Balita tersebut juga masih menjalani perawatan di Ruang Isolasi Rumah Sakit Umum Ahmad Yani (RSUAY).

“Untuk kondisi pasien secara kasat mata membaik. Temperaturnya 36,9 derajat celcius, pasien juga tidak banyak keluhan. Secara umum kondisi fisik terlihat baik,” terang Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 A. Nasir, Kamis (26/3/2020).

Diakuinya, untuk PDP yang dirawat di RSUAY hanya satu balita dari Kabupaten Lampung Timur. Sedangkan kedua orangtuanya sedang menjalani masa karantina di rumah. “Untuk PDP yang dirawat hanya satu orang yakni balita berusia 2,6 tahun. Sedangkan untuk orangtua telah dicek dalam keadaan sehat,” ungkapnya.

Menurutnya, pemkot melalui RSUAY juga telah mengirimkan sample air liur PDP untuk diperiksa. Ini untuk mengetahui apakah pasien tersebut positif terinfeksi Covid-19 atau tidak.

“Untuk sample PDP sudah dikirimkan oleh rumah sakit. Diperkirakan 4 hari hasilnya akan keluar. Namun sesuai prosedur jika hasil sample dinyatakan negatif, maka akan diumumkan oleh Pemerintah Provinsi Lampung. Sedangkan jika hasilnya positif maka akan diumumkan oleh pusat,” paparnya.

Diketahui, riwayat PDP asal Lampung Timur tersebut telah melakukan perjalanan menghadiri acara di Provinsi Jawa Barat bersama kedua orang tuanya. “Untuk saat ini PDP sudah diisolasi. Kedua orang tuanya juga masih dipantau,” katanya lagi.(ria)