TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Prajurit TNI dari Kodim 0427 Way Kanan dan anggota Polres Way Kanan menggelar apel bersama dalam rangka kesiapan pasukan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019-2024 di Mako Kodim 0427 Way Kanan, Jum’at (18/10/2019).

Apel diikuti Kapolres Way Kanan AKBP Andy Siswantoro, Dandim 0427 Way Kanan Letkol Czi Komara, Wakapolres Way Kanan Kompol Fanny Indrawan, Pejabat Utama Kodim 0427 dan Polres Way Kanan, Forkopimda, berserta anggota TNI – Polri, Pol PP, Damkar dan BPBD Kabupten Way Kanan sekitar 310 personil .

Dandim 0427 Way Kanan Letkol Czi Komara mengatakan, apel tersebut dilakukan untuk mengecek kesiapan keamanan dan mengetahui situasi dan kondisi setiap wilayah di Kabupaten Way Kanan serta mengantisipasi hal- al yang tidak diinginkan pada saat pelantikan presiden dan Wakil Presiden tanggal 20 oktober mendatang.

“Apel siaga dimulai hari ini tanggal 18 Oktober sampai dengan 21 Oktober 2019 dilanjutkan dengan patroli bersama yang tersebar disetiap Kecamatan, Koramil dan Polsek jajaran Polres Way Kanan”, terang Dandim

Orang nomor satu dijajaran Kodim 0427 Way Kanan ini berharap kepada peserta apel untuk bekerja dengan iklhas bekerja dengan tulus. “Niatkan untuk ibadah dan semoga situasi kondisi di Kabupaten Way Kanan tetap aman terkendali,” Tegas Dandim.

Hal senada dikatakan Kapolres Way Kanan AKBP Andy Siswantoro, namun dia menambahkan bahwa demi terwujudnya sinegritas antara TNI/Polri memang dirasa perlu melaksanakan apel bersama.

“Pelaksanaan apel tiga ( 3 ) Pilar ini adalah sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi pelantikan presiden dan Wakil Presiden tanggal 20 oktober 2019 mendatang. Apel Tiga (Tiga) Pilar ini juga merupakan suatu bentuk komitmen kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat”, ujar Kapolres.

Terkait pengamanan Kapolres Way Kanan ini berharap tiga pilar Kabupaten Way Kanan siap untuk menjaga stabilitas keamanan dalam rangka menghadapi acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo atau Jokowi-Ma’ruf Amin, yang akan berlangsung 20 Oktober 2019.

“Saya mengimbau kepada komponen 3 pilar untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan agar komponen Tiga 3 Pilar selalu siap dalam menghadapi segala bentuk ancaman yang muncul, yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas dalam menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019,” tegasnya.

Masih menurut perwira Polisi berpangkat mawar dua ini, sejumlah persiapanpun telah dilakukan untuk menjaga kamtibmas tetap kondusif aman dan nyaman, upaya yang dilakukan TNI Polri sejak mulai dari pengamanan Pemilu ,sampai mengawal Konstitusi , sampai dengan pelantikan.

“mudah-mudahan apa yang kita kerjakan dan perbuat sekarang menjadi suatu ibadah dan pahala untuk kita semua dan nantinya menjadi lebih baik lagi dalam melakukan tugas kedepan. Diharapkan situasi aman ataupun tidak ada gejolak apapun, kedepan kita bersama masyarakat akan melaksanakan do’a bersama untuk kesuksesan pelantikan Presiden dan wakil presiden 2019” imbuh Kapolres.(Rls/Yudi)