TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Mahasiswa Kuliah Kerja Sosial (KKS) Institut Agama Islam Ma’arif (IAIM) Nahdlatul Ulama (NU) Metro, menggelar kegiatan Kontestasi Budaya Lokal se-Kecamatan Tulang Bawang Tengah (TBT), Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Kecamatan TBT, pada Rabu (26/02/2020) pukul 09.00 Wib. Yang dihadiri oleh Camat TBT, Mahasiswa KKS bersama Perwakilan Masyarakat untuk menampilkan potensi daerahnya, serta tamu undangan lainnya.

“Kegiatan hari ini merupakan perlombaan yang kita selenggarakan untuk seluruh Tiyuh (Desa) dan kelurahan yang ada di TBT, yang mana mahasiswa KKS bersama perwakilan masyarakat di masing-masing Tiyuh akan menampilkan berbagai macam kebudayaan lokal, seperti tarian, lagu klasik, dan lainnya,” kata Handi, selaku Koordinator Kecamatan KKS IAIM NU Metro, saat diwawancarai translampung.com di lokasi kegiatan.

Adapun jurinya, lanjutnya, yakni Bapak Ansyori selaku Juri seni rupa dan musik tradisi, kemudian Khoirul Juri tari dan koreografer, dan terakhir Bhika Ariyanto selaku juri Seni Handicraft.

Sementara itu, dikatakan Camat TBT Achmad Nazaruddin, bahwa kegiatan yang diselenggarakan hari ini nantinya akan diambil juara 1, 2, dan 3, untuk ditampilkan dalam malam puncak kegiatan KKS, yang akan dipusatkan di Sesat Agung Komplek Islamic Center Tubaba. Seperti yang kita ketahui, KKS IAIM NU Metro ini akan segera kembali ke kotanya, karena mereka hanya 30 hari di Tubaba, terhitung sejak 04/02/2020 yang lalu.

“Tentunya Pemerintah Kecamatan sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan hari ini, dan kami berterima kasih kepada Mahasiswa KKS yang sudah membantu dalam membangun pendidikan karakter berbasis Islam Nusantara, meskipun hanya dalam waktu yang cukup singkat,” imbuhnya. (D/R)