TRANSLAMPUNG.COM

Bandarlampung – Sifat inovatif harus dimiliki setiap diri pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di daerah. Sehingga PWI mampu memberikan kontribusi program nyata kepada masyarakat setempat yang bisa disinergikan dengan pemerintah kabupaten atau kota dimana PWI berada.Hal ini ditegaskan Ketua PWI provinsi Lampung Supriyadi Alfian, S.Kom, MH, dalam pembukaan Workshop Penguatan Kompetensi Wartawan PWI Lampung 2019 di lantai 3 gedung PWI Sofian Akhmad Bandarlampung, Sabtu 21 Desember 2019.

“Saya minta dengan tegas, para pengurus PWI di daerah tidak ketergantungan dengan anggaran Pemkab / Pemkot. Semua harus punya inovasi yang memberikan manfaat bagi daerah itu, khususnya masyarakat setempat. Jadi mulai sekarang anak-anak muda yang sekarang dipercaya sebagai ketua dan pengurus PWI harus memiliki ide-ide cemerlang,” tegas Supriyadi

Saat ini beberapa pengurus PWI belum bisa bekerja dengan maksimal, karena hanya bergantung pada program yang copy paste sebelumnya dan tidak disertai dengan inovasi baru yang mengikuti perkembangan daerah itu.
Maka dari itu, kata owner harianmomerntum ini, pada workshop kali ini para pengurus PWI daerah harus mulai membuka wawasan dengan cerdas.

“Ini workshop khusus untuk pengurus PWI seluruh Lampung, diharapkan mampu diserap dan mencerdaskan teman-teman. Di sini Anda semua akan terbuka wawasan, apa itu dan bagaimana berinovasi di tengah masyarakat. Program apa yang sesuai dan bisa diterapkan di daerah itu yang bisa mengambil peran serta PWI dan seluruh personilnya,” ujarnya

Dikatakan Supriyadi lagi, saat ini sudah tidak lagi jamannya berita copy paste atau plagiatisme. Tetapi dituntut kemampuan utuk mengolah berita sedemikian rupa dengan tidak mengubah makna namun menyampaikan informasi dengan tepat dan cepat.
“Gak jamannya lagi berita copy paste ya. Tinggalkan kebiasaan itu. Jika mendapatkan rilis dari manapun, usahakan diedit kembali dengan gaya redaksional media masing-masing. Baik dari judul, lead, hingga badan berita. Yang penting tujuannya sesuai dengan terkandung dalam rilis tersebut. Dan di Workshop ini kalian bisa mendapatkannya,” papar Supriyadi Alfian

Workshop yang dibuka langsung oleh Ketua PWI Provinsi Lampung Supriyadi Alfian tersebut berlangsung sehari dan diikuti oleh seluruh pengurus PWI dari kabupaten dan Kota seluruh provinsi Lampung, dengan nara sumber Ir.A. Chrisna Putra, M.E.P (Kadis Kominfo Provinsi Lampung), Dr.H.Iskandar Zulkarnain, M.H (Ketua Dewan Kehormatan PWI Provinsi Lampung), Drs, Zahdi Basran (Wakabid Organisasi PWI Provinsi Lampung), H, Wirahadikusuma,S.P (Wakabid Pendidikan PWI Provinsi Lampung), M.Furqon (Wakil Sekretaris PWI Provinsi Lampung). (Eka)