TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Dalam upaya mengembangkan usaha ternak Sapi, Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, mengarahkan Peternak untuk mengambil Perbankan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Peternakan didampingi Kasi Kesehatan Hewan Irwan Sutrisno, saat dikonfirmasi translampung.com diruangan kerjanya pada Selasa (21/01/2020) pukul 09.18 Wib.

Dikatakan Irwan, selama ini banyak masyarakat yang ingin mengembangkan usaha ternak sapinya, namun terkendala dengan Modal. Sehingga dengan bantuan kita untuk melakukan pinjaman, bisa meminjam mulai dari Rp.100 juta sampai Rp.500 juta.

“Itu namanya KUR (Kredit Usaha Rakyat) untuk ternak Sapi, dan kita yang akan membantu masyarakat untuk mengambil pinjaman dengan Bank, yaitu Bank BRI atau Bank Lampung, Sehingga proses nya akan lebih cepat. Namun, tentunya kita juga selektif dalam memilih Nasabah, karena syaratnya itu benar-benar peternak yang sudah ada usaha, minimal harus ada 3-4 ekor Sapi, ada kandang Permanen,” terangnya.

Untuk sistem pembayarannya, lanjut Irwan, setahun sekali, misalnya pinjam Rp 100 juta maka bayar Rp 107 juta, karena bunganya sekitar 6% kurang lebih. Tentunya semua Nasabah akan kita dampingi untuk memberikan pengarahan dan membantu perkembangan Sapinya, sehingga saat panen bisa maksimal.

“Nasabah kita sudah ada 30 orang, dan tahun 2020 ini sudah ada 15 orang yang mendaftar untuk kita bantu meminjam Modal di Bank. Tentu besar harapan, ini akan menjadi langkah yang baik, dan meningkatkan perekonomian rakyat,” imbuhnya. (D/R)