TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Event pameran kerajinan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, yang direncanakan pada 24 September 2020, kembali tertunda.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Industri Diskoperindag Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, Ely Suryani, saat dikonfirmasi translampung.com di ruangan kerjanya, pada Rabu (23/9/2020) pukul 12.00 Wib.

“Event itu seharusnya dilaksanakan pada April 2020, dan diundur pada 24 September. Namun, akhir bulan Agustus kemarin, Dekranasda Pusat kembali memberikan surat penundaan Inacraft dikarenakan Covid 19 belum mereda, dan dijadwalkan April 2021 mendatang,” terangnya.

Untuk itu, lanjut dia, belum diketahui apakah tahun 2021 akan ada 2 Event Inacraft, karena di dalam surat tersebut tidak ada kalimat pembatalan. Yang pasti, semua tergantung situasi dan kondisi.

“Seperti yang kita ketahui, Event Inacraft tersebut guna mempromosikan hasil kerajinan tangan masyarakat masing-masing daerah untuk nantinya bisa dijual dengan harga sesuai ketentuan,” ungkapnya.

Untuk Kabupaten Tubaba, jelas dia, kita masih menampilkan kerajinan berupa Tumbler Labu Botol yang dibalut anyaman bambu.

“Selain itu, kita juga akan menampilkan kerajinan Anyaman Tikew (Tikar) berbentuk seperti wadah kue, tempat tisu, tas, dan dompet. Kemudian ada pula Anyaman Pita seperti Baju dan Peci. Serta yang terakhir kerajinan dari kertas koran untuk wadah buah-buahan,” imbuhnya. (D/R)