TRANSLAMPUNG.COM–TUBABA. Wakil Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Fauzi Hasan, selaku ketua Kwartir yang diwakili oleh Topari S. Membuka Gebyar Perlombaan Temu Penegak Kwartir Cabang Tubaba, yang diikuti oleh 339 peserta dari SMA, SMK, dan MA.

Upacara pembukaan tersebut dilaksanakan di Lapangan Bola SMKN 1 Tulang Bawang Tengah, pada Kamis (12/12/2019), dan akan ditutup pada 15 Desember 2019 mendatang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan kekeluargaan, persaudaraan, dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan Pramuka. Sehingga dengan adanya perlombaan dan pertemuan dalam kegiatan ini peserta menjadi menyenangkan, serta harus diimbangi dengan kegiatan yang inovatif dan karakter agar memiliki jiwa kompetitif untuk selalu berinovasi, dan memiliki karakter 3T yaitu, kesederhanaan, kesetaraan dan kelestarian,” kata Topari.

Untuk itu, lanjut Topari, sebagai pemimpin bangsa, dituntut harus mempersiapkan diri melalui peningkatan pengetahuan keterampilan, dan sikap dengan membangun masyarakat melalui partisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan masyarakat di lingkungannya, salah satunya melalui upaya mengurangi sampah.

“Acara ini merupakan pembinaan generasi muda sebagai evaluasi keterampilan dan kemampuan, sehingga timbul kemandirian bagi penegak itu sendiri. Dari kegiatan ini, akan dipilih peserta berprestasi yang akan menjadi perwakilan peserta untuk jenjang perlombaan mulai dari tingkat daerah sampai nasional,” terangnya.

Adapun lomba yang diselenggarakan, terdiri atas beberapa cabang seperti, Pionering, PBB, sandi Semaphore dan Morse, Puisi, Joget Komando, Rengki 1, Kreasi tTenda, Pensi, Yel-yel, serta Hasta Karya. (D/R)