Lampung Barat – Dukung program Pemerintah Daerah melalaui Literasi untuk menumbuhkan minat baca masyarakat Pekon Rowo Rejo, sediakan taman baca masyarakat. Senin (6/4)

Sejak digencarkan program Bupati Hi. Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, yang tergabung dalam pitu program Visi Misi Pilkada tahun 2017 silam.

Pemerintah Desa Rowo Rejo, yang di Pimpin oleh, Salawiah, selaraskan program Pemerintah Daerah dengan Pekon, Bentuk dukungan Pemerintah Pekon dalam menumbuh kembangkan kemajuan daerah yang diawali dari Pekon.

Dengan menyelaraskan Program tidak berarti Desa akan semakin berkembang namun harus disertai dengan upaya untuk mengeluarkan minat baca masyarakat baik dari anak-anak dan dewasa.

Menurut dia, Peratin Rowo Rejo, Salawiah, jika itu dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh maka program sinkronisasi oleh Pemerintah desa dapat berjalan sesuai dengan harapan Pemerintah Daerah dimasa kepemimpinan Pakcik sapaan akrab Bupati Lampung Barat.

Salah satu upaya suami dari Sumantri, tersebut dalam menyokong agar program berjalan sukses adalah dengan menyosialisasikan kepada masyarakat.

Tidak sampai disitu saja wanita yang merupakan satu-satunya Peratin Kecamatan Suoh tersebut, menyediakan bahan bacaan pekerjaan sehari-hari bagi anak-anak, kaum ibu atau bapak.

Sehingga ilmu yang didapat masyarakat yang rata-rata ber KTP sebagai Petani di Pekon Rowo Rejo, ini dapat menambah pengetahun dalam pekerjaannya termasuk trobosan menambah ekonomi seperti tumpang sari.

Upaya yang dilakukan agar masyarakat sekitar mempunyai minat membaca, “semakin sering membaca, maka pengetahuan akan semakin bertambah,” jelasnya.

Sejak tahun 2018, program ini sudah dilaksanakan baik dari buku baca, tempat baca yang menggunakan anggaran Dana Desa tahun 2018. “Ruang Baca Masyarakat dan Paud dibangun pada tahun yang sama dengan total anggaran Rp. 170 jt lebih,” tutupnya. (Sf)