PANARAGAN (translampung.com)–Kali pertama Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT), Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, melakukan penjaringan terhadap calon aparatur Tiyuh (Desa) ekstra ketat.

Hal tersebut berdasar surat edaran peraturan Bupati (Perbup) Nomor 49 Tahun 2019 tentang, mekanisme tata cara pengangkatan terhadap aparatur di masing masing Tiyuh terkait.

Dikatakan Camat Achmad Nazarudin, rencana dilakukan penjaringan terhadap calon peserta dimulai sejak hari Kamis 8 April sampai 14 april 2021 mendatang.

“Penjaringan peserta calon aparatur Tiyuh disebabkan adanya aparatur yang ada saat ini kurang memenuhi syarat, batas umur sudah lebih dari 60 tahun, dan ada juga yang sudah diterima menjadi PNS.” Kata Nazaruddin saat dijumpai translampung.com di ruang kerjanya pada (07/4/2021) pukul 11.00 Wib.

Dari seluruh aparatur Tiyuh yang akan dilakukan penjaringan calon peserta itu berasal dari enam Tiyuh diantaranya, Tiyuh Panaragan, Bandar Dewa, Mengga Mas, Penumangan Baru, Mulya Kencana dan Tunas Asri.

“Calon aparatur Tiyuh itu nanti akan menjabat sebagai Kepala suku sejumlah 14 orang, Kepala seksi (kasi) 4 orang, Kaur keuangan 4 orang, Kaur perencanaan 2 orang, dan Juru Tulis 1 orang dari Tiyuh Panaragan.” Jelasnya.

Lanjut dia, adapun untuk tahapan seleksi penjaringan tersebut akan ada 3 Tes yang harus dilalui peserta, yakni pertama Tes tertulis 100 soal, Tes kedua Komputer, dan terakhir Tes Wawancara. Adapun Bobot penilaian adalah 60 Persen di Tes Tertulis, 10 Persen Komputer, dan 30 Persen Wawancara, yang akan dinilai oleh Tim Seleksi.

“Meskipun ini program perdana, kami berharap penjaringan ini dapat berjalan sukses dan menjadi percontohan, serta memperoleh aparatur Tiyuh dengan kemampuan yang benar-benar berkompeten, sehingga apapun program dan kinerja yang ada di Tiyuh dapat berjalan maksimal.” Imbuhnya. (D/R)